Friday, September 2, 2016

6 Cara Menghadapi Guru Galak

6 Cara Menghadapi Guru Galak
Cara menghadapi guru galak. Guru galak seringkali membuat para murid merasa takut bila berusan dengannya. Karena karakternya yang begitu menakutkan. Mulai dari cara berjalan, berbicara, sampai caranya menyelesaikan masalah. Guru galak juga terkenal dengan istilah guru killer. Dan tidak ada satupun murid yang suka dengan guru seperti ini.

Tetapi guru seperti ini memang seharusnya ada di setiap sekolah, agar supaya murid disekolah itu ada yang mengatasi mereka.  Coba bayangkan kalau ada murid bandel yang di urusin kasusnya sama guru yang kalem, bisa - bisa si murid yang malah mengurus si guru.

Sebagai seorang murid kita sebaiknya menghormati guru, apapun bentuk dan karakternya. entah itu galak, murah senyum, humoris, pendiam dan seterusnya. Karena guru adalah pahlawan kita, pahlawan yang memberikan ilmunya dengan penuh kasih sayang.

Memberikan penghormatan kepada guru itu wajib, Jangan sampai  kita melupakan kewajiban ini. Walau sekalipun guru itu sangat kita benci. Contohnya guru yang galak, Karena galaknya itu kita jadi benci kepadanya padahal itu salah. Seharusnya kita berterimakasih kepadanya karena walaupun dia galak tapi masih memberikan ilmunya kepada kita.

Nah, untuk kamu para siswa maupun siswi yang takut sama guru galak mulai dari sekarang jangan takut lagi. Karena guru galak bukan untuk di takuti tetapi untuk dihormati. Mau tau caranya agar tidak takut lagi sama guru galak.?

Berikut 6 cara menghadapi guru galak :

1. Murah senyum kepadanya

Senyuman tulus selalu memberikan manfaat yang begitu besar.  Salah satunya adalah ketika kamu menghadapi guru yang galak. Guru kadang sebenarnya tidaklah galak akan tetapi perasaan kita saja yang membuat dia tampak seperti singa kelaparan. Jadi cara untuk merubah itu semua dengan cara senyum kepadanya. Ketika berpapasan dengan dia usahakan tatap matanya kemudian keluarkan senyuman tulus dari bibir kamu.

Guru yang terbiasa galak kadang merindukan senyuman dari orang - orang sekitar. Termasuk murid - muridnya, usahakan senyuman kamu itu tulus bukan tiruan atau palsu. Karena guru sangat pandai untuk mengetahui senyuman mana yang tulus dan modus.  Nah untuk itu mulailah sekarang coba kamu lakukan cara ini dan perhatikan perubahan yang akan kamu rasakan. Guru yang tadinya galak akan tampak seperti guru yang paling baik sedunia.


2. Serba bisa

Serba bisa artinya kamu harus bisa dalam segala hal. Terutama ketika berhadapan dengan guru yang galak. Ketika di suruh lakukan ini, maka harus kamu lakukan jangan fikirkan salahnya dulu. Ketika ia suru lakukan itu, maka harus kamu lakukan. Apapun itu selagi masuk dalam kategori wajar maka kamu harus lakukan.

Jangan sampai ketika kamu di suruh, malah kamu menolaknya. Wahh bisa - bisa dia menjadi killer dalam sekejap. Tetapi ikutilah terlebih dahulu keinginannya kamudian ketika ada kesalahan katakan padanya, maaf pak saya telah membuat kesalahan sebenarnya saya tidak terlalu mahir dalam hal ini. Guru segalak apapun akan menghargai usaha kamu dan malah bisa jadi akan memberikan nilai plus yang kamu tidak sangka - sangka.

3. Berpakaian rapi

Kadang guru itu menjadi galak karena siswanya kurang memperhatikan kerapian saat berpakaian. Ini merupakan kesalahan yang selalu dilakukan para siswa. Kerapian haruslah kita perhatikan jika ada guru galak di lingkungan sekolah. Karena guru galak senang berburu murid yang kerapiannya tidak terjaga.

Biasakan berpakaian rapi agar guru galak tidak mendekat kepada kamu. Pakaian rapi menjadikan kita terlihat seperti siswa teladan dan guru galak tidak akan galak pada siswa teladan. Kerapian kamu juga akan memberikan nilai kepada guru - guru lain yang melihat kamu. Tetapi saya masih banyak siswa yang tidak memperhatikan kerapian mereka, akibatnya guru galaklah yang repot.

4. Memperhatikan dan bertanya

Guru galak akan menjadi bersahabat jika kita tau caranya. Salah satu cara terbaik yaitu memperhatikan ketika dia menjelaskan dan bertanya ketika diberi kesempatan. Setiap guru senang dengan siswa seperti ini tetapi siswa yang tidak mengetahui hal itu.

Usah akan perhatikan walaupun ada badai yang menerpa, ombak yang menerjang, kamu haris bisa bertahan untuk terus memperhatikan guru tersebut jangan sampai perhatiann kamu berbelok kepada teman yang mengajak kamu bermain. Karena galaknya akan keluar 10 kali lipat

Memperhatikan pelajaran juga dapat membantu kamu menyerap ilmunya dengan baik, mulai sekarang perbiasakan cara ini dan hasilnya bukan hanya guru itu menjadi jinak tetapi kita juga akan menjadi pandai di kelas.

5. Selalu mengerjakan tugas atau prnya

Cara ke 5 adalah selalu mengerjakan tugas atau pr yang di berikannya. Jangan sampai kamu lupakan tugasnya yang di berikan karena itu tidak baik. Mengerjakan tugas yang diberikan adalah wajib dikerjakan. Jangan pilih - pilih guru, ketika itu guru penyabar tugasnya dibiarkan, giliran guru itu galak baru dikerjakan.

Cobalah mengerjakan tugas walaupun kamu belum paham. Tanyakan pada teman atau kamu boleh pergi kerumahnya kemudian bertanya. Jangan takut salah terhadap tugas yang penting kamu sudah mengerjakan tugasnya maka itu sudah baik. Guru galak akan menghargai usaha muridnya.

6. Jangan nakal

Kenakalan kamu adalah salah satu penyebab guru menjadi galak. Jika kamu memang nakal di sekolah maka sudah pasti semua guru akan terlihat galak. Sembunyi kenakalan kamu ketika sedang berhadapan dengan guru galak, Karena dia tidak segan menghukum kamu dengan hukuman yang berat.

Cobalah jadi anak baik ketika berhadapan dengannya, dan kalau bisa kepada semua guru di sekolah kamu. Dan pada akhirnya semua guru yang tampak galak akan terlihat sebagai pahlawan yang luar biasa

Itulah 6 cara menghadapi guru galak yang dapat kamu praktekan sekarang. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa di bagikan kepada teman - teman yang lain. Jangan lupa bebat baik kepada semua guru, sehingga ilmu yang kamu dapatkan dapat bermanfaat di kemudian hari.

BACA JUGA ARTIKEL : 7 kelakuan siswa saat belajar yang perlu kamu ketahui

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: