Friday, September 2, 2016

6 Kriteria Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha

6 Kriteria Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha
6 kriteria tempat strategis untuk membuka usaha. Menentukan tempat untuk membuka usaha atau bisnis tidaklah mudah, yaa karena ada banyak pertimbangan yang harus di lakukan. Dalam dunia usaha, tempat adalah salah satu hal yang menentukan keberhasilan usaha. Terutama dalam dunia perdagangan.

Tempat usaha yang di pilih secara asal - asalan akan sangat beresiko. Usaha tidak berjalan lancar, bangkrut yang lebih banyak, dan Resiko gagal yang lebih cepat. Namun jika usaha yang di jalankan berbasis online maka tempat sudah tidak lagi menjadi bahan pertimbangan.

Menentukan tempat usaha sama halnya dengan menentukan ide di awal. jangan sampai salah perhitungan yang berakibat pada usaha yang di jalankan. Nah untuk anda yang ingin menentukan dan mencari tau seperti apa sih tempat yang strategis untuk membuka usaha.?

Berikut 6 kriteria tempat strategis untuk membuka usaha :

1. Mudah dilihat

Tempat yang mudah di lihat akan sangat berpeluang mendapatkan konsumen yang banyak. Yaa andapun tau itu, Tempat yang mudah di lihat akan sangat mudah untuk di kunjungi orang. Beda halnya dengan tempat yang tidak terlihat tentu akan sangat sedikit orang untuk mengunjungi tempat itu apa lagi jika tempat usaha itu baru dibuka sekitar 1 mingguan bisa di pastikan usaha yang di buka akan tidak berjalan dengan baik.

Akan tetapi jika tempat usaha yang anda bangun mudah terlihat pasti orang akan banyak di kunjungi orang. Logikanya sederhana, misalkan anda pergi kesuatu tempat yang belum anda ketahui dan mencari sesuatu. Pasti tempat yang anda kunjungi pertama adalah tempat yang mudah anda lihat.
Jadi jika anda ingin membuka usaha maka pastikan tempat anda mudah dilihat.

2. Sering dilalui

Lokasi kedua yang strategis untuk membuka usaha adalah lokasi yang sering dilalui orang. Tempat usaha apapun jika tidak sering dilalui orang maka akan berjalan lambat. Yaa tempat yang ramai akan sangat berpotensi mendapatkan trafik lebih besar dibandingkan dengan tempat yang sunyi.

Coba perhatikan tempat yang akan anda bangun usaha apakah selalu dilalui orang atau jarang.? jika sering maka secepatnya anda bangun usaha di tempat itu jangan sampai tempat itu di ambil oleh orang lain. oke..!!!

3. Dekat dengan target pasar

Sebelum menentukan tempat untuk membuka usaha maka tentukanlah jenis usaha apa yang anda jalani. Agar anda tau peminat produk atau jasa anda berasal dari kalangan mana. Misalkan jika anda ingin membuka usaha foto copy maka sebaiknya dekat dengan sekolah atau perkantoran.

Target pasar sangatlah penting untuk anda tentukan di awal karena akan berpengaruh pada tempat usaha anda. Jika anda membuka usaha jualan pulsa di tempat pemakaman maka pasti pulsa anda akan bangkrut di culik sama pocong untuk chating sama neng kunti.. heheheh
maaf itu yang di belakang anda sapa yaa..?

4. Lokasi tempat jelas tidak dalam kuasa negara

Pastikan tempat usaha anda jelas persuratannya. Yaa walaupun tempat usaha anda berada di tempat ramai, sering dilalui, mudah dilihat, dekat dengan target pasar tetapi kepemilikannya tidak jelas maka akan berpengaruh pada usaha anda. Misalkan usaha anda sudah berhasil tiba - tiba datang kelompok sat pol pp ingin membongkar tempat usaha anda.  Karena akan dibangun gedung maka pasti usaha anda akan terganggu.


5. Lingkungan saingan nyambung

Banyak orang tidak memperhatikan saingan yang ada di sekitar tempat usaha mereka. Mereka menganggap bahwa jika tidak ada saingan maka itu baik. Sebenarnya pemahaman seperti itu tidaklah salah namun keliru. Saingan tetaplah anda butuhkan dengan catatan saingan yang nyambung.

Contoh kasus, ada sebuah rumah makan yang berdampimgan dengan bengkel. Nah coba anda bayangkan, apa yang akan terjadi.? rumah makan tersebut akan sangat sedikit pengunjung yang datang karena alasan bahwa rumah makan tersebut tidaklah steril dari asap dan polusi akibat bengkel sebelah.

Perhatikan saingan anda di sekitar dan cobalah buka usaha yang berhubungan tanpa mengganggu usaha mereka. Yang akan terjadi orang yang datang di toko sebelah mencari sesuatu kemudian tidak menemukan, maka pasti pemilik tokoh tersebut akan merekomendasikan untuk datang pada toko kita di sebelah yang mungkin barang di cari bisa di temukan di toko sebelah.

6. Sediakan tempat parkir

Tempat parkir juga bisa membantu menjadikan tempat usaha anda menjadi strategis. Konsumen akan memilih tempat anda untuk membeli atau memakai jasa anda dengan alasan tempat anda nyaman untuk kendaraan mereka. paling bagus jika tempat parkir anda di lengkapi dengan pelindung dari panasnya matahari dan derasnnya hujan.

Contoh kasus yang terjadi, ada sebuah kios kecil di pinggiran jalan yang menjual bahan bakar kendaraan, sementara tidak jauh dari tempat tersebut ada sebuah kios kecil yang menjual bahan bakar kendaraan dengan di lengkapi oleh halaman yang luas untuk memarkir kendaraan. Nah menurut anda manakah yang lebih nyaman, baik, dan aman dari kedua kios tersebut.

Jika anda normal maka pasti anda akan memilih kios kedua. Dengan alasan kios pertama tidaklah aman karena sangat berdekatan dengan jalan atau lalu lintas kendaraaan lain, sementara kios kedua tidak demikian.

Nah itulah 6 kriteria tempat strategis untuk membuka usaha, Semoga dengan mengetahui 6 kriteria di atas anda lebih jelih melihat lokasi atau tempat yang ingin anda bangun kerajaan bisnis anda. Lebih baik banyak perhitungan di awal dari pada salah memilih yang akan mengundang penyesalan di akhir.

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda silahkan share pada teman atau kerabat anda yang ingin memilih tempat strategis untuk membuka usaha. Dan jika ada pertanyaan silahkan jangan malu - malu tuliskan pertanyaan anda pada kolom komentar.

BACA JUGA ARTIKEL : 10 alasan umum kenapa orang takut memulai bisnis

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: