Thursday, September 15, 2016

10 Alasan Umum Kenapa Orang Takut Memulai Bisnis

10 Alasan Umum Kenapa Orang Takut Memulai Bisnis
10 alasan umum kenapa orang takut memulai bisnis. Ada banyak orang diluar sana takut memulai bisnis karena alasan - alasan tertentu. Setiap alasan sebenarnya wajar jikalau ada, namun yang tidak wajar itu jika alasan tersebut menghentikan anda untuk meraih impian anda.

Seperti halnya bisnis, Jika anda memiliki impian untuk menjadi seorang pengusaha sukses maka 10 alasan dibawah ini tidak boleh menghentikan anda untuk meraih impian. Semua impian memerlukan pengorbanan yang luar biasa dan bahkan sering membuat orang terpuruk dan jatuh berkali - kali.

Jatuh dan gagal sebenarnya itu adalah hal yang biasa dan saya yakin anda pun sudah mengetahui hal itu jadi tidak perlu lagi saya jelaskan panjang lebar.
Kalau anda pernah nonton film laga action pasti tau adegan terakhir dimana sang bintang bertarung dengan lawan keras di akhir film.  Dan anehnya sang bintang malah dibuat babak  belur terlebih dahulu dan kemudian diatur sedemikian unik sehingga bisa mengalahkan lawan yang begitu mustahil dikalahkan jika difikirkan dengan logikan.

Kenapa hal itu bisa terjadi.?  apakah agar filmnya terlihat seru.! mungkin saja begitu, atau supaya penonton tambah tegang.! bisa jadi. Namun ada satu fakta yang mungkin tidak bisa di terima dalam logika anda. Apa itu.? pemenang itu di buat atau di ciptakan bukan karena ia hebat dalam menyerang, tapi karena pemenang mampu bertahan meskipun berkali -kali dijatuhkan.

Wahh.. jadi jauh pembahasan kita, hehehe
Maaf biar anda tidak tegang dalam menerima materi kali ini.

Langsung saja berikut 10 alasan umum kenapa orang takut memulai bisnis.

1. Bisnis itu sulit, susah, dan mustahil

Alasan pertama kenapa orang takut memulai bisnis adalah karena mereka beranggapan bahwa bisnis itu sulit, bisnis itu susah, bisnis itu butuh banyak pengorbanan, bisnis itu ini dan itu, bisnis itu sana dan sini. Mereka berfikir bahwa bisnis itu mustahil dan hanya bisa di jalankan oleh orang - orang tertentu saja.

Perlu diketahui bahwa propesi yang paling mudah adalah berbisnis. Coba bandingkan  mana yang lebih sulit menjadi pilot atau berbisnis.? mana yang lebih mustahil menjadi presiden atau berbisnis.? mana yang lebih susah menjadi seorang dokter atau seorang pebisnis.? kalau ingin menjadi pilot, prsiden, dan dokter, maka anda perlu melalui proses yang panjang, dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun jika ingin menjadi pebisnis maka anda hanya perlu kemauan.

Propesi lain membutuhkan orang - orang yang berijazah, dan berpendidikan, namun propesi menjadi pebisnis tidak membatasi siapapun, karena siapapun orang berhak dan bisa menjadi seorang pebisnis.

Nah mulai dari sekarang rubalah pola pikir anda, Jangan beranggapan bahwa bisnis itu sulit susah dan mustahil, namun sebaliknya berfikirlah, bahwa bisnis itu mudah, gampang, dan bisa di capai oleh siapapun orangnya termasuk saya sendiri.


2. Sudah terlambat

Ada banyak orang di luar sana yang beralasan bahwa, saya sudah terlambat untuk memulai usaha atau bisnis. Saya pun heran kenapa alasan seperti ini bisa muncul dalam fikiran mereka. Jika anda beralasan bahwa umur yang sudah tua masih bisa di terima, namun jika umur anda masih di bawah 50 tahun maka kata terlambat tidak boleh anda ucapkan.

Sadari atau tanpa anda sadari alasan ini sudah menghambat anda untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses yang mungkin menjadi salah satu impian yang ingin anda capai. Impian apapun jika kita hubungkan dengan kata terlambat maka pasti lebih masuk akal. Saya sudah terlambat jika ingin menjadi pilot, saya sudah terlambat jika ingin menjadi presiden, saya sudah terlambat jika ingin menjadi seorang dokter, karena dulunya saya tidak sekolah, tidak belajar, tidak menabung. Nah masuk akal bukan.

Tapi coba kita hubungkan dengan bisnis, saya sudah terlambat berbisnis karena dulu saya tidak sekolah bisnis, tidak belajar giat, tidak menabung. Namun kenyataannya ada banyak orang diluar sana yang menjadi pengusaha sukses tidak sekolah, tidak belajar, dan tidak memiliki tabungan.
Fikirkan kembali alasan kedua ini jika alasan ini adalah salah satu penghambat anda untuk memulai bisnis.

3. Takut tidak dipedulikan orang

Alasan ketiga yang menurut saya adalah sebuah penyakit. Yaa penyakit yang tumbuh dalam fikiran tanpa kita sadari. Ketika anda sudah hampir memulai bisnis tiba - tiba muncul fikiran bahwa bagaimana jika saya berbisnis kemudian tidak ada yang pedulikan bisnis saya...!!
Perlu anda ketahui bahwa jika anda berbisnis hanya untuk mencari perhatian orang maka lebih baik anda berhenti berbisnis, karena itu adalah niat yang salah.

Jangan berfikir bahwa nanti tidak ada yang peduli. Karena pada akhirnya orang - orang yang tadinya tidak pedulikan anda akan balik bertanya kepada anda apa rahasia anda untuk menjadi sukses dalam berbisnis. Anda hanya perlu mengatakan bahwa rahasianya adalah karena saya tidak takut jika bisnis yang saya jalankan tidak di pedulikan orang.

4. Tidak punya modal

Alasan keempat yang di keluarkan oleh kebanyakan orang adalah tidak memiliki modal untuk memulai bisnis. Namun alasan seperti ini tidak  boleh menghalangi anda untuk menjadi seorang pengusaha sukses, karena pengusaha yang menurut anda sukses sekarang pasti pernah beralasan sama seperti anda, namun yang membedakan adalah mereka tidak menjadikan alasan ini menjadi batu penghalang.

Yang anda perlu ketahui di sini adalah modal itu bukan hanya berbentuk uang. Modal itu bisa berupa keinginan, tindakan, pikiran, bahkan diri anda sendiri adalah salah satu modal. Jadi jika anda beralasan tidak punya modal maka sama saja anda mengatakan bahwa anda tidak pernah ada di dunia ini.

5. Tidak punya waktu

Alasan kelima ini sering terdengar dari ungkapan seorang pegawai dan mahasiswa. Yaa alasan sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berbisnis sangat sering di keluarkan oleh mereka ketika di tanyakan kenapa anda takut memulai bisnis.

Sebenarnya walaupun anda seorang mahasiswa ataupun pegawai bisa menjalankan bisnis.  Karena anda dapat menjalankannya paruh waktu. Sudah terbukti ada banyak mahasiswa dan pegawai yang super sibuk namun dapat sukses dengan bisnis yang di jalankannya. Maka dari itu berhentilah untuk beralasan tidak memiliki waktu.

6. Tidak memiliki ide

Nah alasan keenam ini bisa di jadikan alasan yang masih bisa di terima. Jika alasan anda takut berbisnis karena tidak memiliki ide saya masih setuju, karena menentukan ide bisnis di awal itu susahnya minta ampun. Namun seharusnya alasan ini tidak boleh membuat anda takut untuk memulai bisnis, Yaa karena andapun dapat mencontek berbagai macam ide bisnis yang tersedia di internet.

Andapun dapat mencontek ide bisnis melalui siaran tv, nonton youtube, atau shareing dengan teman di facebook. Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa anda jalankan saat ini. Jadi jika dulu anda masih beralasan tidak memiliki ide maka mulai sekarang anda sudah pensiun dari alasan ini.

Baca Juga : ide bisnis online untuk pemula

7. Takut akan resiko

Yaaa hampir semua orang takut memulai bisnis karena takut dengan resiko dan akibat yang akan muncul dari bisnis yang di jalankan. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya yang namanya resiko itu selalu ada dalam setiap pilihan anda. Mau jadi pilot resikonya jatuh dari pesawat, mau jadi presiden resikonya tanggung jawab yang besar, dan mau jadi dokterpun resikonya salah memberikan obat.

Apapun pilihan anda semua pasti memiliki resiko, sama halnya dengan bisnis. Jika menjadi pilot dengan resiko jatuh anda tidak takut kenapa harus takut menjadi pengusaha yang resikonya hanya bangkrut saja.?
So mulai dari sekarang beranilah  mengambil resiko, karena tanpa anda sadari dari awal membaca artikel ini ada resikonya juga, yaitu kuota anda mulai menipis.

8. Menunggu hingga semuanya siap

Alasan kedelapan kenapa orang takut memulai bisnis karena mereka menunggu hingga semuanya siap. Mulai dari menunggu modal, menunggu waktu, menunggu ide, menunggu semuanya yang pada kenyataannya membuat mereka takut untuk memulai.

Nah jika anda sekarang lagi menunggu semua siap baru mulai menjalankan bisnis maka dari sekarang cobalah untuk lebih berani memulai sebelum semuanya siap. Rubah alasan anda dari menunggu menjadi menjemput, menjemput modal, menjemput waktu, dan menjemput ide, sehingga andapun akan lebih mudah untuk menjemput awal mulai bisnis anda.

9. Keluarga menghalangi

Alhamdulillah saya bersyukur karena waktu saya memutuskan untuk memulai berbisnis keluarga saya mendukung sehingga dapat memicu dan mempercepat proses star awal bisnis saya.
Namun tak jarang orang menemukan alasan ini dan menurut saya alasan ini termasuk alasan yang kuat.

Anda dan saya pun tau bahwa memulai sebuah bisnis itu haruslah mendapat ridho dari kedua orang tua, nah jika orang tua saja sudah tidak ridho bagaimana mau mulai.? iya gaa.? Alasan ini pernah terpikirkan oleh saya namun semua itu telah berubah karena saya mendapat pencerahan dari seorang ibu atau wanita lewat rekaman audionya. Dalam audionya dia mengatakan bahwa keluarga itu tidak suka melihat proses, dan hanya suka melihat hasil.

Nah tugas anda hanyalah meyakinkan kepada keluarga bahwa akhir dari pilihan anda adalah untuk kebahagiaan mereka. Jangan katakan prosesnya namun katakanlah hasilnya agar mereka bisa setuju dan dapat meridhoi pilihan anda.

10. Malu jika gagal

Alasan terakhir yang sangat umum dan bahkan hampir semua orang takut memulai bisnis karena malu jika nanti bisnisnya gagal. Yaa saya yakin anda pun seringkali mendengarkan kalimat ini " gagal itu adalah harga yang harus anda bayarkan untuk sukses anda kedepan " Nah jika anda pernah mendengar kalimat itu kenapa sekarang anda mesti malu jika gagal.?

Jika ketika gagal anda merasa malu, maka ketika anda sukses yang akan pertama kali anda ceritakan dengan penuh kebanggaan adalah kisah gagal anda yang dulunya anda malukan. Saya pun tidak tau kenapa fenomena ini terjadi namun bukankanh itu sesuatu hal yang baik.? so jangan malu jika nanti anda gagal dalam berbisnis karena itu akan menjadi bagian dari kisah yang mewarnai kesuksesan anda.

Nah itulah 10 alasan umum kenapa orang takut memulai bisnis. Semoga dengan mengetahui alasan di atas dapat merubah pola pikir anda dan menghapus alasan - alasan lainnya yang masih melekat dalam diri anda. Semoga juga anda lebih berani dalam memulai bisnis yang anda impikan selama ini.
Jika anda memiliki pertanyaan, komentar, atau bahkan ingin menambahkan 10 alasan di atas maka silahkan masukan pada kolom komentar. Dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share kepada teman - teman calon pebisnis yang masih takut memulai.
Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: