Friday, July 29, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online vs Offline

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online vs Offline
Kelebihan dan kekurangan bisnis online vs offline. Bisnis yang di kenal dalam kalangan masyarakat global di seluruh dunia terbagi atas dua macam, yaitu bisnis online dan offline. Yang kedua bisnis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Bisnis online merupakan sebuah usaha yang di jalankan atau di kelolah melalui laptop atau handphone yang saling terhubung melalui jaringan internet tanpa bertemu langsung antara penjual dan konsumen. Contohnya seperti membuat blog, web site, kursus online, affiliasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan bisnis offline adalah sebuah usaha yang di jalankan secara langsung bertatap muka antara penjual dan pembeli tanpa melalui perantara apapun. Contoh budidaya ikan hias, jualan bakso, jualan martabak dan lain sebagainya.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas. Setiap bisnis yang di jalani tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kekurangan dan kelebihan itulah yang membuat sebuah bisnis itu menjadi menarik. Jika tidak ada kekurangan dan kelebihannya tentu bisnis yang di jalani tidak lah menantang.

Bisnis pada dasarnya bukanlah sesuatu yang mengalir begitu saja, atau dalam kata lain datang dengan sendirinya. Sama halnya antara bisnis online dan offline, kedua bisnis ini memilik keuntungan yang luar biasa tetapi jika kita tidak upayakan untuk menjemput dan memperjuangkan keuntungan itu maka yang kita dapatkan hanyalah kekurangan dari bisnis tersebut.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online vs offline :

Kelebihan bisnis online

1. Modal tidak terlalu besar.
2. Bisa bekerja 24 jam.
3. Tidak mengenal status pendidikan.
4. Tidak perlu menyewa tempat.
5. Dapat menjangkau orang di seluruh dunia

Kekurangan bisnis online

1. Bertanggung jawab tinggi atas kualitas barang.
2. Interaksi tidak langsung dan resiko penipuan tinggi.
3. Harus rajin mempromosikan prodauk.
4. Harus paham membuat web atau blog dan optimasi lainnya.
5. Pesaingnya banyak, seluruh dunia.


Kelebihan bisnis offline


1. Tingkat kepuasan konsumen dapat di terima langsung, baik saran maupun kritik.
2. Transaksi lebih cepat dan akurat.
3. Konsumen akan secara langsung menilai produk kita.
4. Promosi bisa di lakukan langsung dan mudah.
5. Persaingan tidak terlalu banyak atau tidak global.


Kekurangan bisnis offline

1. Memerlukan modal yang relatif lebih besar.
2. Memerlukan tempat yang strategis.
3. Tidak dapat aktif 24 jam.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online vs offline. semoga dapat memberikan kita pemikiran baru agar menentukan cara terbaik kita untuk menjalankan sebuah bisnis.

Akan tetapi kita juga bisa menggabungkan kedua bisnis tersebut. Bisnis online maupun offline jika kita gabungkan akan saling melengkapi dan memberikan hasil yang luar biasa. Misalkan kita jualan kue dengan membuka sebuah toko, kita juga bisa menjualnya melaui internet dengan menggunakan blog atau web site pribadi kita sehingganya hasil lebih memuaskan.

Jika anda ingin menambahkan beberapa kelebihan dan kekurangan di atas. Silahkan masukkan di kolom komentar. agar saya dan teman pengunjung lainnya mengetahui apa yang anda ketahui.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL : ide bisnis online untuk pemula

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: