Sunday, July 24, 2016

Penyebab siswa Sering Telat Ke sekolah

Penyebab Siswa Sering Telat Ke Sekolah
Penyebab siswa sering telat kesekolah. Telat berangkat ke sekolah sering kali di alami para siswa maupun siswi. Hampir setiap harinya ada siswa yang telat ke sekolah dengan berbagai macam alasan.

Setiap siswa tentu memiliki alasan yang berbeda - beda. Ada banyak sekali alasan alasan siswa ketika telat mulai dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal sekalipun.

Telat datang ke sekolah adalah masalah rutin yang di hadapi guru setiap hari. Padahal aturan sudah di perketat tapi masih ada juga siswa yang datang telat. Yaa masalah ini adalah lumrah dan pasti di alami setiap sekolah termasuk sekolah saya tercinta.

Saya pun heran kenap yaa. Siswa ini sudah di beri tahu, di beri hukuman, di beri apapun tapi masih juga tetap telat. Mungkin kalau telat kelihatan keren kali yaa. Hehehe husss jangan di contoh itu perbuatan tidak baik. Namun itulah fakta yang terjadi sekarang. 

Sampai sekarang belum ada cara tepat untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang satu ini. Kebiasaan datang terlambat sangat sulit di hilangkan oleh para siswa tentunya itu semua ada penyebabnya.


Apa penyebab siswa itu sering terlambat kesekolah ?


Sekarang yuu kita simak beberapa  penyebab siswa sering telat kesekolah :

1. Tidur terlalu malam atau begadang


"Kamu kenapa datang telat ke sekolah.? Saya semalam begadang pak."
Kata bang roma begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Tuuuu dengerin jangan hanya di nyanyikan saja. Yaa alasan pertama kenapa siswa sering telat ke sekolah karena begadang. Apa lagi di tambah kemajuan teknologi yang semakin pesat. Membuat  kamu susah untuk tidur di malam hari.

Pengaruh begadang malam itu sangat kuat apa lagi di kalangan pelajar. Dunia di buat kebalik siang jadi malam, malam jadi siang. Khususnya buat siswa yang sering aktif di sosmed pasti nihh, tidurnya hampir pagi, hehehe semua di aktifkan mulai dari facebook, bbm, instagram, dan lain lain.

2. Tidak bangun sholat subuh


"Kamu kenapa telat ke sekolah.? Saya gaa bisa bangun subuh buu, kalau saya bisa pasti saya gaa telak ke sekolah." 
Alasan ini jarang sekali di keluarkan dari mulut siswa karena memang rata - rata siswa itu gaa bisa bangun di waktu subuh. boro boro mau sholat subuh bangun aja susah.

Padahal kalau kamu ketahui bangun di waktu subuh itu menyehatkan, di tambah lagi kalau kamu selingin dengan belajar maka pasti pelajaran itu akan tersimpan dengan baik di memori kamu. Banyak yang bisa kamu lakukan kalau kamu bisa bangun subuh. antara lain:

  • sholat subuh
  • belajar
  • olahraga
  • bersihkan halaman
  • buat sarapan

Ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan ketika bangun subuh. Di atas itu hanya sebagian saja kalau mau di tuliskan semua bisa bisa kamu ketiduran membacanya. hehehe

3. Ketiduran lagi


"Kamu kenapa telat ke sekolah.? Saya ketiduran lagi pak, saya udah bangun sholat subuh tapi setelah itu saya ketiduran lagi." 
Alasan ketiga karena siswa sering ketiduran saat mereka sudah bangun. Ini kebiasaan buruk yang banyak sekali di lakukan para siswa. Apa lagi kalau yang tinggal dengan orang tua sendiri sudah pasti kelakuannya kaya gini.

Alaram berbunyi, ibu sudah teriak bangunin, ia menjawab. Bentar lagi buu masih ngantu nih.. Ketika terbangun langsung terburu - buru ke kamar mandi. Jadinya telat ke sekolah di hkum sama guru.

4. Lupa menyetel alaram


"Kamu kenapa telat lagi ke sekolah.? Anu pak saya lupa menyetel alaram saya." 
Alasan ke empat siswa telat ke sekolah karena lupa menyetel alaram. Boleh di bilang alaram adalah alternatif yang baik di gunakan untuk membangunkan seseorang yang sedang ketiduran. Makannya untuk kalian lain kali jang lupa menyetel alaram. 
Satu lagi alaramnya jangan letakan berjauhan dengan tempat tidur. Bila perlu tempel di telinga. hehehe

5. Salah menyetel alaram


"kamu ini kenapa telat terus ke sekolah.? hmmm, maaf  pak saya salah menyetel alaram.
Maksudnya sih saya pengen bangun subuh, malah bangunnya di waktu asar." 
Alasa ke lima siswa telat ke sekolah karena salah menyetel alaram. Yaa saya juga pernah mengalami ini. Lucu juga kalau di ingat kejadian waktu itu.
Pasti kamu juga pernah alami kayak gini, iyaaaa kamuuu... hehehe

6. Lupa menyiapkan seragam dan buku



Alasan ke enam yaitu karena lupa menyiapkan seragam dan buku. Jadinya ketika habis mandi mulai bongkar sana sini cari seragam. Bongkar sana sini cari buku pelajaran. Ini juga merupakan alasan yang paling sering di katakan para siswa.
kebiasaan setelah pulang sekolah lempar seragam sembarangan. Buku di biarkan berceceran, berantakan kaya gudang. 

7. Terlalu santai


Alasan ini sering kali yang terlibat adalah siswi. Dimana mereka terlalu menikmati waktu pagi didepan cermin sehingga lupa kalau sudah waktunya berangkat ke sekolah. Santai yang berlebihan membuat mereka telat mulai dari mandi yang lama, belum lagi berdandan, memakai seragam, memakai sepatu dan masih banyak tetebenge lainnya yang menyita waktu mereka.
Sudah menjadi kebiasaan turun temurun, dari generasi kegenerasi, bahwa wanita terlalu santai apa lagi kalau sudah berhadapan dengan cermin. 

8. Kendaraan mogok


Kendaraan mogok juga termasuk dalam alasan kenapa siswa sering telat. Lupa mengecek kendaraan sehingga dalam perjalanan kesekolah mogok. Mulai dari ban bocor, mesin buntu, knalpot patah, pelek bengkok, dan masih banyak lagi alasan kendaraannya mogok.

9. Menunggu teman


Alasan ini sering di alami oleh para siswa bersama sahabat mereka. Gara gara menunggu teman jadi telatnya berdua. Cie cie yang telat bedua anto dan dino. Cie cie, hehehe 
Pasti kamu juga pernah alami hal ini. Kalau saya hampir setiap kali telat pasti karena nunggu teman. Karena menurut saya biar perjalanannya asyik gitu. Dan walaupun di hukum asalkan bedua juga. hehehe
Tapi itu gaa baik, mulai sekarang di kurangi.

10. Silahkan lanjutkan


Alasan kesepuluh silahkan sobat masukan sendiri di kolom komentar karena dari saya hanyalah sembilan alasan kenapa siswa sering telat ke sekolah.


Terus Solusinya bagaimana ?


Tidak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluar.

Sebenarnya solusinya terdapat pada diri siswa itu sendiri. apakah dia mau merubah kebiasaannya itu atau membiarkan begitu saja.

Namun ada juga sebagian siswa yang sangat ingin merubah tetapi tidak tau caranya.
berikut beberapa cara yang bisa di lakukan agar kebiasaan telat kesekolah dapat sedikit berkurang.
yaitu :
  • Tidur lebih awal
  • Siapkan seragam dan buku dari semalam
  • Pasang alaram
  • Minta di bangunkan
  • Berangkat menggunakan kendaraan
  • Dan masaih banyak lagi

silahkan baca artikel  Cara Agar Tidak Telat Lagi Kesekolah. Karena sudah saya ulas secara lengkap bagaimana cara siswa agar tidak telat lagi kesekolah.

Pastinya masih banyak lagi alasan - alasan penyebab siswa sering telat ke sekolah yang belum sempat saya bagikan di sini, silahkan bagikan alasan sobat di kolom komentar agar teman yang lain bisa mengetahui alasan sobat. Jika kamu termasuk siswa yang sering terlambat silahkan bagikan di kolom komentar agar kita bisa sama - sama mencari jalan keluar tentang masalah terlambat ke sekolah yang sering kamu alami.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kamu.


Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: