Sunday, July 24, 2016

Cara Agar Tidak Telat Lagi Ke Sekolah

Cara Agar Tidak Telat Lagi Ke Sekolah
Cara agar tidak telat lagi ke sekolah. Masalah Telat ke sekolah memang tidak pernah ada habis - habisnya. Setiap hari guru yang mempunyai piket hari itu pasti menghukum siswa yang telat ke sekolah. Tidak ada yang perlu di salahkan sebenarnya, karena dari dulu hingga sekarang pasti ada saja orang telat ke sekolah.

Berbagai macam alasan sudah di uatrakan dan hampir setiap hari alasannya sama semua. Entah kenapa yaa fenomena ini tidak pernah bisa di hilangkan. 

Padahal peraturan sekolah sudah jelas di sampaikan melalui penyampaian guru langsung dan di tulis dikertas kemudian di tempelkan di masing - masing kelas. Tapi tetap saja masih ada siswa yang telat. Seharusnya gurunya bisa maklumi karena mungki dulu gurunya itu juga sering telat. Hehehe maaf yaa pak buu cuman becanda.  

Penyebab siswa telat kesekolah


Sebelum masuk pada pembahasan ini yaiutu cara agar tidak telat kesekolah,
ada baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab siswa itu sering telat kesekolah.

Keterlambatan siswa tentu ada penyebabnya,
berikut beberapa penyebabnya :
  • Tidur terlalu malam/begadang
  • Lupa menyetel alaram
  • Terlalu santai
  • Lupa menyiapkan buku dari semalam
  • Dan masih banyak lagi

Silahkan baca artikel Penyebab siswa sering terlambat, Dalam artikel itu saya sudah ulas secara lengkap penyebab siswa itu sering telat kesekolah.

Jika Kamu sudah mengetahui penyebabnya maka akan dengan mudah untuk menyelesaikannya.
Sama seperti sebuh proses pengobatan. Seorang dokter tidak akan memberikan obat tanpa mengetahui penyakit si pasien. 

Saya yakin pasti ada di antara siswa yang timbul kesadaran bahwa telat ke sekolah itu adalah perbuatan yang tidak baik sehingganya mau berubah.


Cara agar tidak telat kesekolah


Pengalaman saya yang sering telat ke sekolah membuat saya berfikir untuk menemukan cara bagaimana agar tidak telat lagi ke sekolah. Walaupun sekarang ini saya sudah lulus di bangku Man/SMA, tapi hati saya masih terdorong untuk berbagi kepada adek - adek saya yang masih sekolah.

berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak telat lagi ke sekolah :

1. Tidur lebih awal


Waktu tidur yang baik untuk siswa adalah ketika selesai mengerjakan pr, yaitu pada pukul paling lama jam 22:00. Jam sepuluh malam haruslah sudah tidur agar paginya bisa bangun lebih awal dan tidak telat lagi ke sekolah. Jika cara ini terasa sulit coba lakukan tahap demi tahap.

Misal malam ini tidur pukul 10, besok boleh puku 11, hari berikutnya tidur pukul 10, hari berikutnya boleh tidur di atas itu. Tapi ingat jika sudah mulai terbiasa maka lakukanlah setiap malam tidur. Karena bukan hanya tidak telat lagi ke sekolah tapi juga baik untuk kesehatan kita.

2. Siapkan seragam dan buku


Perseiapkan seragam dan buku kamu di malam hari sebelum tidur. Cek dan periksa dengan baik agar tidak ada buku yang lupa di siapkan. Setrika terlebih dahulu baju seragam agar paginya bisa di pakai dan terlihat rapi. 

Cara ini juga membantu kamu mengetahui pr yang belum di kerjakan. Misalkan ada pr yang lupa di kerjakan, pas lagi persiapkan buku, ketemu sama buku mata pelajaran yang belum di kerjakaan prnya, sedangkan waktunya tinggal besok. Maka kamu bisa mengerjakannya langsung. Jadinya gaa telat ke sekolah dan gaa di hukum sama guru karena lupa kerja pr.

Baca juga : Cara Agar Tidak Melupakan Pr Sekolah

3. Pasang alaram

Memasang alaram bisa kamu lakukan agar bangun paginya tidak kesiangan. Cara ini sering di gunakan siswa yang memang susah bangun pagi. Alaram bisa kamu setel pada jam weker kamu atau yang mudah di posel kamu. Cara menyetelnya jangan pada jam di mana sudah waktunya kamu mandi. Tapi aturlah alaram kamu jauh sebelum waktu mandi sehingga pas bangun masih ada waktu untuk aktivitas lain.

Jangan lupa perhatikan saat menyetel alaram kamu. Jangan sampai salah menyetel sehingganya bangun pagi kamu kesiangan. Kasus ini juga sering di alami pada orang - orang yang kurang teliti. Makanya kamu harus hindari kesalahan ini.


4. Minta dibangunkan


Cara keketiga di atas memang ampuh untuk di terapkan tapi ada orang yang sudah memasang alaram ketika alaranya berbunyi dia tidak mendengarkannya. Nah cara ke empat ini kamu bisa meminta bantuan kepada orang di rumah misalkan ibu kamu agar membangunkan kamu di pagi hari agar tidak telat ke sekolah.

Pesan sama ibu atau saudara kalau saya gaa bangun tolong di bangunin. tapi kalau saya gaa bangun -bangun juga boleh siram saya pake air. hehehe wah itu sudara kamu pasti rajin bangunin kamu. 

5. Berangkat menggunakan kendaraan


Jika jarak rumah kamu dengan sekolah jauh maka gunakanlah kendaraan saat pergi ke sekolah. Lebih baiknya kalau kamu di antarkan sama bapak atau ibu, atau saudara kamu. Selain menghemat waktu kamu juga tidak capek dan berkeringat saat sampai di sekolah.

Nah bagaimana kalau saya tidak punya kendaraan. Maka kamu bisa nebeng sama teman kamu, atau berangkat lebih pagi agar dalam perjalanan kamu tidak tergesah - gesah.


6. Mandi, memakai seragam, dan sarapan ala tentara national


Cepat dan tepat  adalah kunci agar tidak telat ke sekolah. Banyak siswa yang santai saat mandi, mulai nyanyi - nyanyi di kamar mandi apalagi lagunya nonstop wahh bisa sampe sore tuh mandinya. Memakai seragam dengan tepat jangan sampai baju kebalik. Bukan telat yang di dapat malah ditertawakan. Sarapan dengan cepat jika tidak ada waktu lagi untuk sarapan maka boleh sarapan itu di bawa ke sekolah biar sarapannya di waktu istrahat.

Lakukan semua mulai dari mandi, memakai seragam, dan sarapan ala tentara national. Supaya terbiasa dan kalau ada yang cita - citanya jadi tentara maka ia kelak tidak susah lagi dengan masalah ini.

Itulah keenam cara agar tidak lagi telat ke sekolah. Semoga cara ini bisa membantu kamu merubah pola berangkat ke sekolah kamu. Dan saya harap cara ini bisa di terapkan secara konsisten sampai kamu lulus sekolah. Jangan lupa untuk bagikan kepada teman kamu yang masih telat ke sekolah agar kalian bisa memakai cara ini bersama sama. 
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu.

BACA JUGA ARTIKEL : cara agar tidak melupakan pr sekolah

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: