Friday, July 22, 2016

Pertimbangan Yang Harus Dilakukan Sebelum Menentukan Ide Bisnis

Pertimbangan Yang Harus Dilakukan Sebelum Menentukan Ide Bisnis


Pertimbangan yang harus dilakukan sebelum menentukan ide bisnis. Menentukan ide bisnis di awal bukanlah hal yang gampang. Haruslah di perhatikan secara matang agar bisnis yang dibuat bisa berjalan dengan baik. Ide bisnis merupakan pondasi utama dalam membangun sebuah kerajaan bisnis. Jika ide bisnis yang dipilih secara asal asalan tanpa perhitungan yang panjang maka jangan heran kelak bisnis yang di jalankan terasa sulit.

Bisnis seringkali membuat orang tergiur dengan penghasilan yang besar. Namun perlu anda tahu menjalankan bisnis tidak semudah dengan apa yang anda bayangkan. Haruslah perlu hitungan yang pas agar anda bukan hanya menjadi pebisnis biasa melainkan pebisnis propesional.

Jika anda ingin membangun sebuah usahan, saya sarankan anda menanyakan terlebih dahulu kepada diri anda apakah saya siap menjalankan bisnis.? Apakah saya siap dengan resikonya kelak.? Pertanyaan ini haruslah terlebih dahulu anda tanyakan, tujuannya agar anda tidak menyesali keputusan anda.

Bukan karena saya ingin menakut nakuti tetapi saya inginkan anda serius dalam menjalankannya. Keseriusan tidak datang kepada orang yang hanya berfikir satu kali, melainkan berkali kali. Memang banyak di luar sana kisah seorang pengusaha yang sukses dengan cara yang berbeda beda. Akan tetapi semua itu berawal dari satu sumber yakni persiapan yang matang.

Setelah anda memikirkan dan siap untuk menjadi pengusaha maka anda perlu tahu, pertimbangan  yang harus di lakukan sebelum menentukan ide bisnis. berikut ulasannya:

1. Buat usaha atau bisnis sesuai hobi

Bisnis yang di bangun berdasarkan hobi tentu memiliki nilai tambah bagi kita sendiri. Kebanyakan pengusaha yang sukses mengatakan bahwa bisnis yang baik itu apa bila berhubungan dengan hobi kita. Saya pun sepakat dengan kata mereka. Karena kita akan sangat fokus dan bersemangan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Cari tau apa hobi anda, lihat dan pelajari hobi anda. Fikirkan cara bagaimana bisa hobi saya ini menjadi satu usaha yang memiliki nilai produktif yang besar. Fikirkan hal itu baik baik, karena saya yakin bisnis yang di jalankan berdasarkan hobi kita akan menjadi menyenangkan buat kita.

2. Pertimbangkan usia saat menentukan ide bisnis 

Sebenarnya pada umumnya faktor usia tidaklah menjadi persoalan, akan tetapi menurut saya usia juga harus kita pertimbangkan.
Karena umur atau usia mempengaruhi cara berfikir kita, yang mencerminkan kematangan dalam menjalankan bisnis.

 Perhatikan usia anda apakah masih mampu menjalankan bisnis atau sudah waktunya istrahat dan bermain bersama cucu cici kesayangan anda. Usia muda sangat cocok jika mulai menjalankan binis, apalagi kalau bisnis itu jangka panjang, ketika sudah sukses langsung menikah dan pastinya sudah mapan. Sungguh itu merupakan nikmat yang luar biasa untuk kita.

Sekarang usia muda tidak lagi bisa dijadikan alasan untuk menunda menjalankan bisnis. Sudah banyak pengusaha mudah yang sukses di indonesia. Dan saya yakin anda adalah orang selanjutnya. Manfaatkan usia muda anda karena usia itulah dimana semangat dan rasa optimis berkobar. Jangan menunggu sampai menikah tetapi laksanakanlah sekarang juga.

3. Tempat yang baik dan strategis untuk menentukan ide bisnis

Menentukan ide bisnis perlulah pengamatan khusus untuk melihat tempat yang strategis. Perhatikan tempat yang baik dan banyak dilalui orang kemudian lihat apa yang di butuhkan di tempat tersebut. Apakah mereka membutuhkan sebuah produk atau jasa. Lihat secara detail pelajari dan lakukan.

Tempat yang baik adalah tempat strategis dimana sering kali di lalui banyak orang. Tapi ingat pening sekali melihat kebutuhan apa yang di inginkan oleh tempat tersebut. ciptakan cara unik yang berbeda dengan pesaing anda di tempat yang anda targetkan.

contoh, bisnis potong rambut anda tidaklah akan laku jika anda membukanya di lokasi perkuburang. hehehe... Alangkah lebih baik kalau anda membuat batu nisan kemudian jual di tempat tersebut.

4. Modal usaha saat menentukan ide bisnis

Modal merupakan hal wajib di sediakan ketika memulai sebuah usaha. Modal bukan hanya berbentuk uang tetapi juga bisa berbentuk waktu, tenaga ,dan fikiran.

Kebanyakan hambatan yang sering di alami pebisnis saat mulai menjalankan usaha terletak pada modal. Awal menjalakan terasa sulit bahkan mengatakan saya tidak memiliki modal uang yang besar. Jadinya yaa gini gini aja. Setelah sukses mereka baru menyadari dan mengatakan modal uang bukanlah alasan untuk tidak menjalankan usaha.

Perlu diketahui modal yang paling penting adalah kemauan anda. Tanpa anda sadari dengan membaca artikel ini. Itu sudah menandakan bahwa anda memiliki modal kemauan, sehingganya apa lagi yang anda tunggu. Inilah salah satu pertanda bahwa bisnis yang hendak anda bangun memang pantas untuk anda jalankan sekarang juga.

modal kecil lakukan bisnis dalam skala kecil. setelah besar lakukan skala bisnis yang besar. tidak ada modal tetap lakukan usahan karena diri andalah modal utama.

5. Bertanya pada orang terdekat

Sebelum menentukan ide sebaiknya menanyakan kepada orang terdekat yang bisa anda percaya. Minta pertimbangan mereka, kalau ada benarnya maka lakukan, jika anda merasakan ada sesuatu yang mengganjal maka tunda dulu dan jadikan pilihan bisnis selanjutnya.

itulah beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum menentukan ide bisnis. Semoga bisa di jadikan bahan acuan agar ide bisnis yang di hasilkan memang bisa dijalankan dengan baik. silahkan lakukan cara di atas jangan lupa untuk memberitahukan kepada teman yang lain.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL : kelebihan dan kekurangan bisnis online vs offline

Terimakasih dan sampai jumpa..!!!

No comments: