Wednesday, July 20, 2016

Cara Tepat Menghadapi Masalah

Cara Tepat Menghadapi MasalahCara Tepat Menghadapi Masalah. Masalah tidaklah bisa di pisahkan dengan kehidupan manusia. Setiap manusia sudah pasti memiliki dalam hidup. Akan tetapi kita sebagai manusia haruslah bisa menghadapi  masalah tersebut  dengan cara yang tepat karena masalah yang kita hadapi itu sudah pasti membawah hikmah.

Masalah seringkali membuat seseorang merasakan stres yang luar biasa. Jika masalah datang pasti yang pertama kali terpikir di benak kita adalah kesialan.  Yaa kebanyakan orang menganggap masalah itu adalah sebuah kesialan. Dulu saya termasuk salah satunya yang berfikir begtu. Jika anda salah satu orang yang berfikir seperti itu, maka mulai hari ini hilangkanlah fikiran itu. masalah bisa menjadi kesialan buat kita jika tidak di tangani dengan cara tepat

Akan tetapi setelah kita cermati lebih dalam lagi, ada satu sisi positif dari sebuah masalah, jika kita menggunakan cara tepat menghadapi masalah. Yaa masalah tidak hanya membawa dampak negatif, tapi di balik itu memiliki dampak positif yang luar biasa. Salah satunya adalah menjadikan seseorang lebih kuat untuk menjalani hidup ini. Kekuatan ini tidaklah bisa seseorang dapatkan tanpa adanya masalah. bersyukurlah jika hari ini hidup anda memiliki masalah.

Besar ataupun kecil sebuah masalah adalah sama. yang membedakan itu adalah cara kita menyelesaikannya. masalah besar jika di selesaikan dengan cara tepat akan terlihat kecil, dan sebaliknya masalah kecil jika di selesaikan dengan cara yang kurang tepat akan menjadi besar. Makannya penting sekali untuk kita ketahui cara tepat menghadapi masalah kita.

Masalah pada hakekatnya adalah ujian, jadi kita sebagai manusia haruslah bisa bersabar atas ujian yang di berikan kepada kita. Tentunya setiap ujian memilki tujuannya masing masing. sama seperti masalah. Setiap masalah tentu sudah memiliki tujuan untuk kita. Cara kita hanya mencari tujuan dari sebuah masalah yang datang kepada kita. nah itu semua bisa kita temukan jika kita sudah menyelesaikan masalah tersebut.

berikut adalah beberapa cara tepat menghadapi masalah :

1. Perkuat Kesabaran

Menghadapi masalah haruslah menggunakan kesabaran. Apapun masalahnya baik itu tentang keluarga, pekerjaan, percintaan, persahabatan, dan seterunya. Jika kita menggunakan kesabaran maka masalah yang besar insya Allah akan terlihat kecil di mata kita. Kesabaran adalah faktor utama yang harus kita lakukan terlebih dahulu ketika menghadapi masalah

Perkuat kesabaran kita agar kita bisa tabah dan ikhlas menghadapi cobaan dan ujian yang menimpa. Memperkuat kesabaran adalah tindakan yang bijak untuk di lakukan selain mampu membuat orang menjadi lebih kuat mampu juga menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

2. Ciptakan Ketenangan Dalam Kepanikan

Kepanikan adalah masalah yang berkaitan dengan waktu. Untuk mengalahkan waktu di butuhkan konsentrasi, konsentrasi anda hanya akan datang di saat anda memiliki ketenangan. 
Ketika terjadi masalah sempatkanlah beberapa saat untuk menenangkan diri anda, agar fikiran anda bisah jernih sehingga tindakan yang anda lakukan bisa menyelesaikan masalah anda bukan malah menambah.

Contoh kasus yang terjadi adalah kebakaran rumah. Kebakaran terjadi di dalam rumah kita, sehingga membuat kita panik dan tidak bIsa berfikir dengan tepat. Kita di buat bingung dalam kepanikan kita sendiri, apakah harus keluar rumah dan teriak minta tolong atau malah menyelamatkan harta benda kita yang begitu banyak. sehingga yang terjadi.. BOOOMM..!! anda pasti tauk maksudnya..


3. Terapkan Kedisiplinan Dalam Diri

Dalam memyelesaikan masalah haruslah kita disiplin. Masalah bisa di selesaikan hari ini jangan menunggu untuk menyelesaikannya besok. Karena tentunya besok akan ada lagi masalah baru yang harus di selesaikan. 

Dulu saya bingung, kenapa waktu sekolah sejak dari SD sampai Man/SMA, itu kita di tuntut harus disiplin. Nah salah satu tujuannya adalah agar kita bisa menyelesaikan masalah kita. Terus kenapa ketika kuliah sudah tidak lagi di tuntut untuk di siplin.? karena bangku kuliah sudah waktunya kita menerapkan disiplin kita yang di latih selama 12 tahun terakhir.

4. Berani Bertanggung Jawab

Masalah ada untuk di hadapi. kita tidak bisa menghadapi musuh jika kita tidak berani. berani bertanggung jawab atas kesalahan yang kita buat, merupakan satu langkah untuk menyelesaikan masalah. jangan takut katakan bahwa itu kesalahan saya, maafkan saya karena kurang teili dalam hal ini.

Jika anda kena marah maka itu adalah sesuatu yang memang harus anda tanggung atau terima. Hindari untuk mengeluh dan menyalahkan orang lain. Agar masalah yang datang bisa berguna untuk kita.

Baca Juga : 5 cara agar berani bertanggung jawab


5. Jujur Dalam Bertanggung Jawab

Ini langkah yang sama tapi sedikit berbeda dengan langkah ke 4. Bertanggung jawab atas kesalahan itu harus tapi dengan cara yang jujur. Jangan hanya karena ingin menutupi kesalahan malah anda berbohong. jujurlah di awal, kemudian tanggung jawab di akhir.

Jujur yang anda lakukan bukan hanya akan berdampak pada masalah anda. tetapi akan membawa sebuah keajaiban dalam hidup anda. Anda akan di kenal sebagai orang yang bisa di percaya, dan itulah yang kebanyakan orang inginkan.


6. Senyuman Tulus

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan senyuman tulus kepada masalah kita. Tetapi tidak semua orang bisa melakukan cara ini. Kadang mereka salah mengartikan senyuman terhadap masalah. senyuman yang di maksud di sini adalah senyuman tulus di barengi dengan keikhlasan hati menyambut kedaangan masalah. Insya Allah jika kita mampu melakukan cara ini maka masalah anda pasti cepat terselesaikan.

Senyuman tulus yang anda lakukan akan memberikan kekuatan kepada anda, sehingga anda tidak gampang menyerah kepada masalah. Latihlah senyuman anda dari sekarang, tapi ingat bukan hanya sekedar senyuman tetapi senyuman tulus.

Itulah beberapa cara tepat yang bisa anda lakukan ketika mendapat masalah. Mungkin awalnya akan sulit di terapkan tetapi jika di perbiasakan akan mudah di lakukan. Selamat mencoba dan rasakan sendiri manfaat dari ke 6 cara di atas.

Cara di atas mungkin terbilang belum lengkap, saya berharap dari pihak pengunjung atau pembaca jika memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan masalah silahkan di bagikan di kolom komentar.

BACA JUGA ARTIKEL : cara menghilangkan rasa malas ketika berbisnis

Terimakasih atas kunjungan anda.

No comments: