Sunday, August 28, 2016

10 Solusi Agar Cepat Tidur Dimalam Hari

10 Solusi Agar Cepat Tidur Dimalam Hari
10 solusi agar cepat tidur dimalam hari. Ada banyak sekali orang diluar sana mengeluh karena susah tidur dimalam hari. Yaa tak jarang keluhan ini terdengar mulai dari siswa yang sering telat kesekolah, sampai orang dewasa yang sudah banyak pikiran.

Tidur dimalam hari sangatlah dibutuhkan oleh manusia untuk mengistrahatkan tubuh agar dapat kembali fit keesokan harinya. Tubuh yang susah tidur dimalam hari akan kurang bersemangat dihari esok. Nah terus bagaimana caranya agar saya dapat tidur cepat dimalam hari.? Tenang semuanya akan dijelaskan di bawah.

Dulu saya pernah mengalami hal ini, susah tidur dimalam hari hampir saya rasakan setiap malam. Sayapun berfikir bahwa mungkin ada penyakit yang menyebabkan saya susah untuk tidur. Namun ketika menjelang beberapa minggu saya pun mulai kembali normal dan dapat kembali tertidur dengan cepat di malam hari. Setelah saya perhatikan dan pelajari ternyata bukan karena saya ada penyakit tetapi ada faktor lain yang menyebabkan saya susah untuk tidur.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang faktor yang membuat kita susah tidur tetapi solusi agar kita dapat dengan cepat tidur dimalam hari.!!
Berikut 10 solusi agar cepat tidur dimalam hari :


1. Matikan alat elektronik

Penyebab kita susah tidur saat malam hari adalah alat elektronik yang dekat disekitar kita. Handphone, komputer, tablet, dan lain - lain adalah alat elektronik yang membuat kita susah untuk tidur.

Saat hendak tidur hindari berhadapan langsung dengan layar monitor handphone karena cahaya yang di hasilkan akan membuat mata susah terlelap. Dan menurut ilmu kesehatan tidak baik ketika hendak tidur kita masih berhadapan dengan layar monitor yang dapat merusak penglihatan kita,

Radiasi dari alat elektronik juga dapat memicu kita susah untuk tidur, mulai dari getaran, suhu, dan gelombang membuat otak kita selalu konsentrasi dengan keadaan sekitar yang membuat mata sulit untuk tertutup. Makannya ketika hendak tidur matikan alat lelektronik, selain membuat kita cepat untuk terlelap dapat pula menghemat energi.

2. Matikan lampu kamar tidur

Sama halnya dengan alat elektronik, lampu kamar tidur juga dapat menyebabkan kita susah untuk tidur. Namun sengaja saya pisahkan karena pengaruh dari lampu lebih besar ketimbang alat elektronik seperti handphone dan lain sebagainya. Sinar lampu sangatlah terang dan dapat menembus kulit mata kita yang tipis.

Jadi walaupun kita sudah menutup mata tetapi jika lampu kamar masih menyala kita akan tetap merasakan terang dan membuat mata terus berkonsentrasi. Suhu yang di keluarkan oleh lampu dapat membuat ruangan kamar kita menjadi panas sehinggannya lebih baik jika kita matikan selain membuat kita cepat telelap dapat juga menghemat isi kantong.

3. Membaca buku sambil berbaring

Pernakah kamu melakukan hal ini.? Apa yang kamu rasakan. Yaa sama seperti saya, saya pun akan dengan cepat tertidur jika membaca sambil berbaring. Disini saya tidak akan menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi karena sayapun tidak tau jawabannya. Hal yang tidak saya ketahui tidak akan saya bagikan. Namun fakta yang terjadi di sekitar kita adalah ketika membaca sambil berbaring akan dengan cepat membuat kita tertidur. Kalau anda mau bukti silahkan lakukan sendiri,!!

4. Suhu kamar diturunkan

Sudah saya bahas di atas pada poin kedua. Suhu kamar yang terlalu hangat dapat memicu keringat pada tubuh kita. Keringat yang keluar akan membuat kita susah untuk tertidur. Jika kamar kamu memiliki pendingin maka sebaiknya atur suhu sedikit lebih rendah agar memberikan suhu yang sejuk.
Namun jika kamar tidur kamu tidak di lengkapi dengan pendingin maka solusi paling praktis adalah ganti pakaian  menggunakan kutang atau buka baju sekalian juga boleh. hehehe
essttt. tapi jika anda wanita tidak boleh di lakukan yaa..!!

5. Kurangi jam tidur siang

Mungkin kamu sendiri sudah mengetahui bahwa ketika kita tidur pada siang hari maka di malam hari lama untuk merasakan ngantuk. Kita juga tidak bisa membuat aturan untuk tidak tidur siang agar malam bisa cepat tidur karena itu salah.

Tidur pada siang hari sangatlah kita butuhkan untuk mengistrahatkan tubuh kita yang lelah beraktivitas. Pola tidur siang yang baik tidak akan membuat kamu susah tidur malam hari. Jadi bagaimana solusinya.? Yaa solusinya adalah cobalah untuk mengurangi jam tidur siang. Jika biasanya 2 jam maka boleh di kurangi menjadi 1 jam saja.

6. Hindari olahraga keras sebelum tidur

Olahraga adalah salah satu cara hidup sehat. Tanpa olahraga kita akan jauh dari kehidupan yang sehat. Namun jika berolahraga pada waktu dan cara yang salah maka itu akan dapat mengundang penyakit. Hindarilah berolahraga keras ketika hendak mau tidur. Paling bagus olahraga keras di sore hari agar ketika malam hari tubuh kita sudah mulai merasa lelah dan dapat dengan cepat mengundang rasa ngantuk.

Beda halnya dengan ketika hendah tidur terus kita olehraga, Tubuh kita akan menjadi bersemangat dan penuh konsentrasi sehingga jauh dari rasa ngantuk.

7. Jangan minum kopi

Kopi pun adalah salah satu penyebab kita susah untuk tidur. Nah untuk kamu yang ingin tidur cepat maka hindarilah meminum kopi di malam hari. Kopi  biasanya paling enak di nikmati saat pagi dan sore hari. Namun tak jarang ada sebagian orang yang meminum kopi di malam hari agar mereka dapat terjaga sepanjang malam.
Seperti yang saya lakukan sekarang. saya menulis artikel ini sudah hampir tengah malam dan untuk menjaga agar saya tetap terjaga adalah dengan di temani secangkir kopi hitam hangat, rasanya nikmat. Tapi sekali lagi jika kamu ingin segera tertidur maka hindarilah meminum kopi di malam hari.

8. Tempat tidur dibuat senyaman mungkin

Tempat tidur mempengaruhi cepat dan lambatnya tidur seseorang. Coba perhatikan tempat tidur kamu karena mungkin itulah yang menyebabkan kamu susah untuk tertidur. Tempat tidur yang nyaman akan dengan cepat membawa kamu terbang kealam mimpi yang indah.

Sebelum lanjut cobalah kamu bandingkan mana yang akan lebih dulu tertidur, orang yang tidur di tempat yang nyaman, lembut, dan luar biasa. atau orang yang tidur hanya beralaskan tikar seadanya.?
esssttt...jawaban kamu salah..!!! yang lebih dahulu tertidur adalah orang yang paling ngantuk. kamu tidak boleh mengatakan bahwa orang pertama yang akan lebih dahulu tidur, karena mungkin dia belum ngantuk.. hehehe
Namun menurut teori tempat tidur yang lebih nyaman akan membuat kita cepat tertidur. Yaa memang kadang seperti itu teori dan praktek bertentangan.

9. Gunakan pakaian yang nyaman

Sama halnya dengan tempat tidur, pakaian .yang nyaman akan membuat kita cepat tertidur dimalam hari. Sebelum kamu tidur periksalah dulu apakan pakaian yang di kenakan itu terasa nyaman atau tidak, jika tidak maka segerahlah ganti agar kamu dapat dengan mudah tertidur.

Pakaian yang berkain tebal membuat kita kurang merasa nyaman karena suhu badan kita akan meningkat yang akan mengundang keringat. Gunakanlah pakaian yang berkain tipis agar suhu badan tetap stabil dan kita dapat dengan leluasa bergerak saat tidur.

10. Jauh dari kebisingan

Sudah menjadi ketetapan bahwa kamu tidak akan tertidur jika disekitar ada suara yang sangat berisik. Suara yang berisik dapat mengundang pendengaran kamu yang membuat otak kembali berkonsentrasi terhadap suara berisik tersebut.

Sebelum tidur matikan terlebih dahulu lagu atau musik yang kamu putar, beritahu teman agar tidak berisik, dan tutuplah pintu kamar tidur dengan rapat agar kamu tidak terganggu saat tidur.

Nah itulah 10 solusi agar cepat tidur dimalam hari. Solusi diatas sebagian berdasarkan dari pengalaman pribadi saya dan sebagian lagi bersumber dari luar. Anda pun dapat menambahkannya pada kolom komentar agar pembaca lain dapat menerapkan solusi yang anda bagikan. Semoga bermanfaat  dan dapat membantu kamu agar lebih cepat tertidur.

BACA JUGA ARTIKEL : cara menyenangkan hati orang tua

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: