Sunday, August 28, 2016

7 Kelakuan Siswa Saat Belajar Yang Perlu Kamu Ketahui

7 Kelakuan Siswa Saat Belajar Yang Perlu Kamu Ketahui
7 kelakuan siswa saat belajar yang perlu kamu ketahui. Belajar adalah kewajiban setiap siswa. Berbicara tentang pelajaran tentu kita akan mengingat bagaimana cara kita belajar dulu ketika di kelas. Yaa untuk anda yang sekarang sudah tidak lagi duduk di bangku sekolah SD, SMP, SMA pasti akan mengenang dan mengingat kembali cara belajar kamu atau teman sekelas kamu. Sama seperti saya sekarang yang hanya bisa mengenang dan mengingat masa - masa belajar dulu waktu di sekolah.

Ketika belajar tentu ada - ada saja kelakuan kita entah itu baik atau buruk. Ada siswa yang ketika belajar dia sangat sopan dan menghargai guru yang memberikan pelajar, Namun di sisi lain ada pula siswa yang kerjanya hanya ingin bersenang - senang tanpa memperhatikan guru yang menerangkan di kelas.

Kelakuan siswa saat belajar dikelas kadang membuat guru merasa senang, bangga dan puas, namun bisa juga membuat guru merasa kesal, marah, bahkan malu. Kita mungkin dulu tidak memperdulikan guru yang menerangkan, Namun jika kamu sadari sekarang betapa pentingnya peran guru terhadap kehidupan kamu sekarang.
Nah tanpa banyak basa - basi lagi berikut 7 kelakuan siswa saat belajar yang perlu kamu ketahui :

1. Fokus tinggi

Di urutan pertama  adalah siswa yang fokus saat belajar. Ketika guru menerangkan dia tidak menghiraukan keadaan di sekitar dan hanya fokus pada penjelasan yang diberikan oleh guru. Dan biasanya kadang wlalupun kita memanggilnya dia tidak akan menghiraukan atau tidak mendengar panggilan kita karena fokus belajarnya sangat tinggi.

Siswa seperti ini akan sangat mudah menyerap pelajaran yang di berikan oleh guru. Pelajaran yang di berikan akan di serap dengan cepat dan mudah untuk dicernah oleh pikiran siswa tersebut. Dalam melihat siswa seperti ini biasanya kita sebagai teman menganggap dia sombong karena tidak memperdulikan kita sebagai teman kelas. Namun anggapan itu seharusnya kamu buang jauh - jauh karena bukan itu masalahnya, dia hanya ingin bergaul dan bermain dengan kamu setelah jam pelajaran selesai. Bukan kah itu adalah hal yang baik.?

2. Aktif dalam belajar

Ada juga kelakuan siswa yang sangat aktif dalam belajar, ini bisa terlihat dari semangatnya mengikuti pelajaran, aktif dalam bertanya dan menjawab pertannyaan. Siswa seperti ini akan sangat mudah di sukai oleh teman - teman sekelas bahkan dari kelas lain, karena keaktifan dia dalam belajar.

Siswa seperti ini akan di perebutkan oleh teman - teman ketika dibagi kelompok diskusi atau kelompok belajar. Dan tak jarang jika dia laki - laki akan banyak teman wanita yang mengagumi dia karena keaktifan dalam belajar, begitu juga sebaliknya. Makannya kamu harus aktif dalam belajar, agar si dia bisa nempel sama kamu. hehehe

3. Doyan  tidur

Ada lagi kelakuan siswa yang kalau di lihatin kayaknya siswa ini udah tidak punya lagi semangat hidup. Yaa apa lagi kalau bukan tukang tidur. Kebiasaannya tidur saat dikelas membuat dia susah dalam menyerap pelajaran. Bagaimana tidak guru menerangkan ia malah ngantuk dan mulai mencari posisi yang pas dan tersembunyi agar bisa tidur walau hanya 1 menit.

Hati - hati kelakuan siswa seperti ini bisa membuat guru marah besar. Yaa guru akan marah besar kepada kamu, jika kamu kedapatan tertidur saat jam pelajaran sedang di mulai. Bila kamu sudah mulai merasakan bahwa kelakuan ini mulai menjamur pada diri kamu maka segerahlah atasi dengan kurangi tidur terlalu malam. Karena mungkin itulah faktor yang membuat kamu ngantuk saat belajar.

4. Kutu buku

Kamu tentu tau kelakuan siswa yang satu ini. Yaa tentunya teman yang paling akrab dengan dia yang bisa di katakan sodaraan dengan dia adalah buku. Kutu buku diartikan sebagai orang yang sering membaca buku, tanpa memperdulikan aktifitas lain. Bila melakukan aktifitas lain maka dia tidak terlalu bersemangat namun bila dia sedang membaca buku semangatnya tumbuh dengan cepat itu bisa dilihat dari caranya membaca yang tidak mau melihat sekeliling dan bila di tanya kadang tidak didengar olehnya.

Kelakuan seperti ini sebetulnya baik, karena pasti akan ada banyak sekali ilmu yang di dapatkan dari aktifitas membaca. Namun harus di perhatikan orang - orang di sekeliling yang sedang membutuhkan kita. Jangan sampai hanya karena hobi kita membaca kita lupa menolong orang yang lebih penting dari pada membaca.

5. Ingin bicara tapi tidak berani

Kelakuan yang satu ini bisa kita katakan sebagai penyakit karena lebih banyak efek negatifnya ketimbang positif. Mungkin kamu tidak sadari bahwa kelakuan yang satu ini sudah menjamur dalam diri kamu. Kamu harus hati - hati bila mulai merasakan ketakutan saat ingin bicara di depan kelas maka segeralah mengambil tindakan cepat agar penyakit ini tidak membesar.

Seperti halnya saya dulu. Sangat ingin bicara dan menyampaikan apa yang ada dalam pikiran saya. Namun ketakutan dalam diri sangatlah besar sehingga mengalahkan keberanian saya untuk bicara. Jadinya saya hanya seperti  siswa yang terlihat sakit, apalagi bila datang saatnya untuk diskusi kelas, saya hanya menjadi patung yang hanya bisa mendengar namu tidak dapat berbicara.

Makaknnya segeralah obati penyakit ini dengan mulai pelan - pelan beranikan diri untuk bertanya terlebih dahulu, setelah terbiasa bertanya mulailah untuk mencoba menjawab pertannyaan. Awal - awal memang sulit tapi kalau sudah berhasil makan kamu akan sangat senang.

6. Terlihat fokus tapi perhatian diluar

kelakun siswa yang berikutnya bisa di katakan kelakuan yang aneh dan lucu. Jika di lihat sekilas siswa seperti ini sangat fokus saat belajar. Guru menerangkan dia diam dan memeprhatikan si guru, Guru memberikan penjelasan dia menganggukan kepala seperti orang yang paham dengan apa yang di sampaikan. Giliran di tanya jawabannya menyimpang 180 derajat. hehehe

Ada dua kemungkinan yang terjadi pada siswa seperti ini, yaitu apakah dia terlihat fokus namun fikiran dia diluar kelas atau karena rasa takut dan gugup ketika di tanya dia sudah tidak tau mau di jawab apa. Sayapun pernah mengalami kedua hal ini, Namun kebanyakan dari itu adalah saya terlihat fokus namun fikiran diluar. Mau tau apa yang saya fikirkan.? jangan aaa saya malu.. hehehe

7. Sering bermain

Kelakuan terakhri yang dilakukan siswa saat belajar adalah bermain. Apakah kamu termasuk siswa yang suka bermain saat belajar.? yaa, saya pun sering bermain saat belajar. Alasannya karena jika saya terlalu fokus jadinya pelajaran yang di ajarkan susah untuk masuk, namun jika kelebihan bermain juga tidak ada yang akan saya ketahui jika ujian nanti.

Bermain sambil belajar menurut saya itu wajar, dan bahkan ada sebgian guru yang mengajar sambil mengajak siswanya untuk bermain. Guru seperti ini akan membuat lebih dari 50 % siswanya dalam kelas mudah menyerap pelajaran yang di sampaikannya.

Nah, itulah 7 kelakuan siswa saat belajar yang perlu kamu ketahui. Kelakuan siswa di atas mungkin sebagian pernah kamu lakukan dan bahkan sering. Sehingganya saya mengajak kepada kamu untuk membagikan pada kolom komentar, kelakuan nomor berapakah yang sering kamu lakukan saat belajar.!!!
Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat dan menarik silahkan bagikan kepada teman - teman kamu yang lainnya agar mereka mengetahui kelakuan manakan yang sering mereka lakukan saat belajar.

BACA JUGA ARTIKEL : cara menghadapi guru galak

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: