Friday, August 26, 2016

Sifat Sifat Guru Saat dikelas

Sifat Sifat Guru Saat dikelas
Sifat - sifat guru saat dikelas. Setiap guru memiliki karakteristik yang berbeda - beda. Yaa itu merupakan sesuatu yang lumrah sebagai seorang guru biasa. Namun perbedaan karakter yang dimiliki guru inilah yang membuat suasana belajar kita menjadi berwana. Misalkan suasana belajar pada jam pertama memberikan warnah kuning, masuk jam kedua menjadi warna merah, jam ketiga berubah menjadi hitam, dan ditutup dengan jam keempat yang berwarna putih. Artinya jam pertama atau pagi hari suasana belajar menjadi ceria jauh dari ketegangan, jam kedua mulai menumbuhkan rasa berani, jam ketiga memberikan suasana yang sangat menakutkan, terakhir di tutup dengan suasana yang melembutkan.

Perbedaan suasana belajar ini di pengaruhi oleh setiap karakter atau sifat guru yang mengajar. Nah berikut beberapa sifat - sifat guru saat mengajar dikelas :

1. Bersahabat

Sifat guru yang pertama adalah sifat yang bersahabat dengan muridnya. Yaa sifat guru yang seperti ini sangatlah di senangi oleh siswa manapun. Karena guru seperti ini akan menjadikan muridnya sebagai teman akan tetapi pasti ada batasan antara guru dan murid.

Sifat guru seperti ini kadang jauh dari sifat marah walaupun muridnya membuat kesalahan. Namun sayang sifat guru seperti ini sangatlah langkah, jadi jika pada sekolah kamu ada guru yang memiliki sifat seperti ini maka bersyukrlah.

Sifat guru seperti ini bisa kamu identifikasi dengan melihat ciri - cirinya seperti, jarang marah, kadang suka bermain, pola mengajar santai, dan suasana saat belajar menjadi menyenangkan.

2. Pembenci

Sifat guru yang kedua adalah pembenci. Yaa jangan salah guru juga ada yang memiliki sifat pembenci, Namun sifat  guru ini juga sangatlah langkah. Coba bayangkan jika sifat guru ini banyak di miliki guru kita di sekolah pastinya suasana sekolah akan menjadi berbeda dari biasanya.

Kadang guru itu benci terhadap muri
dnya karena ada alasan tertentu. Yaa tidak mungkin ada asap tidak ada bara. Sifat pembenci guru muncul ketika muridnya menjadi bandel saat di kelas ataupun di luar kelas. Coba kita kembalikan kepada diri kita sendiri, tentunya kita pasti akan benci juga kepada murid kita. Jadi jika ada guru seperti ini maka koreksilah diri dulu, barulah koreksi si guru.

Guru ini biasanya jarang marah dan tidak memperhatikan muridnya. Yaa jika ada murid yang ia benci maka ia akan membiarkan murid itu begitu saja tanpa mau mengatur lagi muridnya.

3. Humoris

Siapa yang tidak senang jika memiliki guru yang humoris, tentu andapun pasti menyukai guru yang humoriskan.! Guru humoris adalah guru yang sangat banyak di sukai murid di kelas maupun di sekolah. Namun jangan salah sangka dulu, di sukai artinya di senangi entah cara mengajarnya yang lucu atau cara bergaulnya yang persis komedian.

Guru humoris mampu mencairkan susana di kelas yang penuh dengan ketegangan sampai - sampai jika guru ini marah kita kadang menganggap itu lucu. hehehe
Kamupun pasti tau sifat guru humoris di kelas itu seperti apa. Yaa tentunya pasti sering bercanda yang membawa kelucuan.
Akan tetapi kita sebagai murid harus punya batasan yaa dengan guru seperti ini. Ingat dia adalah guru kamu bukan teman sebaya kamu. oke

4. Pelit nilai

Sifat guru yang keempat adalah pelit nilai. Yaa kamu bisa rasakan betapa susahnya kamu mendapat nilai dari guru ini. Jika pada guru lain kamu bisa dengan mudahnya mendapat nilai maka pada guru ini kamu harus mendaki gunung, menyeberangi lautan, membantu naruto mengalahkan madara, menemani kera sakti mengambil kitab suci barulah kamu mendapat nilai. Dan kadang nilai yang di dapat adalah nilai standar.

Akan tetapi kita sebagai murid tidak boleh membenci guru seperti ini, yaa walaupun kadang membuat kita marah. Soo jalani saja untuk menghadapi guru ini, walaupun begitu saya yakin dia pun masih memiliki sifat baik yang begitu luar biasa untuk muridnya.

5. killer

Pada poin yang kelima adalah poin yang sangat di takuti oleh murid. Yaa guru killer. Istilah guru killer di sini adalah guru yang suka marah, jarang senyum, banyak ditakuti oleh murid, dan kalau memberi hukuman tidaklah tanggung - tanggung dan tidak pernah pilih kasih.

Guru seperti ini sangatlah di butuhkan oleh setiap sekolah. Dan memang seharusnya setiap sekolah menyediakan minimal 1 guru killer untuk mengatasi bandelnya murid - murid di sekolah maupun di kelas.

Namun menurut pribadi saya guru killer itu baik. Yaa baik karena hanyalah dia yang mampu mengatasi siswa paling bandel sekalipun. Coba bayangkan jika ada siswa bandel yang di urusi oleh guru layu, tentu siswa itu akan menjadi semakin bandel. Untuk itu salud dehh sama sifat guru yang satu ini.

 Baca Juga : cara menghadapi guru galak

6. Inovatif

Terakhir adalah guru yang memiliki sifat inovatif. Inovatif seorang guru bisa di lihat dari cara mengajarnya yang berubah dari hari kehari menjadi lebih baik serta menarik. Yaa guru seperti ini akan sangat mudah memasukkan ilmu pengetahuannya kepada murid yang belajar kepadanya.

Murid - muridpun akan sangat senang dan memperhatikan apa yang di sampaikan oleh guru tersebut. Namun guru yang memiliki sifat seperti ini masih sangat jarang kita temukan. Akan tetapi saya bersyukur di sekolah saya masih ada guru yang memiliki sifat seperti ini.

Nah, itulah beberapa sifat sifat guru saat dikelas. Semua sifat di atas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing - masing. Tugas kita sebagai seorang murid hanyalah menyesuaikan dengan sifat yang dimiliki oleh setiap guru kita di sekolah agar apa yang di ajarkan oleh guru kita bisa tertanam dengan baik dalam memori pikiran.

BACA JUGA ARTIKEL : 7 kelakuan siswa saat belajar yang perlu kamu ketahui

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: