Thursday, August 18, 2016

Daftar Lomba Wajib Untuk Merayakan 17 Agustus

Daftar Lomba Wajib Untuk Merayakan 17 Agustus
Daftar lomba wajib untuk merayakan 17 agustus. Salam dirgahayu Indoneia. Kibarkan sangsaka merah putih di ujung tiang tertinggi. Kobarkan semangat perjuangan, bersatu dan membangun indonesia kita yang tercinta. Selamat hari ulang tahun kemerdekaan 17 agustus, semoga di tahun ini bisa membawa perubahan lebih baik lagi di negeri ini. Aminnn

Sudah menjadi tradisi dan kebudayaan di daerah kita masing - masing untuk merayakan 17 agustus setiap tahun. 17 agustus merupakan peringatan tahunan negara kita tercinta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa mereka untuk memerdekakan tanah air kita. Sudah sepatutnya kita sebagai warga bangsa ini untuk memperingati jasa mereka sekaligus merayakan kemerdekaan kita setiap tahunnya.

Untuk merayakan 17 agustus biasanya kita warga negara Indonesia mengadakan perlombaan. Perlombaan ini bisa di ikuti oleh siapa saja dengan tujuan 1 yaitu untuk meramaikan bukan karena hadiah yang di peroleh. Yaa walaupun ada sebagian daerah yang menyediakan hadiah besar untuk setiap pemenang perlombaan.

Sesuai judul di atas yaitu Daftar lomba wajib. Kenapa saya menggunakan kata wajib, karena hampir setiap daerah dan hampir setiap tahunnya perlombaan - perlombaan ini pasti di adakan. Itulah kenapa saya memakai kata wajib pada judul.

Nah berikut beberapa Daftar lomba wajib untuk merayakan 17 agustus :

1. Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang

Hampir setiap kali perayaan 17 agustus lomba panjat pinang terus di adakan, sehingga termasuk dalam daftar lomba wajib untuk merayakan 17 agustus. Mulai dari ibu kota negara sampai ke pelosok desa lomba panjat pinang tidak pernah ketinggalan untuk meraikan suasana perayaan 17 agustus.

Lomba panjat pinang sendiri biasanya di ikuti oleh 4 orang dalam satu tim. satu pohon pinang akan di ikuti oleh 4 tim yang mana setiap tim di berikan waktu kurang dari 5 menit untuk memanjat pohon pinang. Pohon pinang yang di sediakan berupa pohon pinang yang sudah di amplas kemudian di lumuri dengan pelumas. Akan sangat menambah keseruan jika pelumasnya menggunakan pelumas bekas, biar yang ikutan menjadi tidak karuan. hehehe


Dalam lomba panjat pinang keberhasilan suatu tim di tentukan dengan kerja sama yang baik. Jika kerja sama antar tim berhasil di bangun dengan baik maka akan berpeluang besar untuk memenangkan lomba panjat pinang ini.

2. Lomba Balapan Karung

Lomba Balapan Karung

Tidak kalah menarik, lomba balap karung juga dapat menambah keseruan perayaan 17 agustus. Sama halnya dengan lomba panjat pinang, lomba balapan karung juga sering di adakan untuk merayakan 17 agustus. Dan hampir setiap daerah mengadakan lomba ini. Lomba balapan karung bisa di ikuti oleh siapa saja tanpa mengenal batas usia. Lomba ini sangat cocok jika yang ikuti adalah anak - anak, karena masih terbilang lincah dan cekatan. Akan tetapi tidak di larang jika yang mengikuti adalah orang dewasa sekalipun sudah lansia kalau masih bisa melompat dan berlari why not.? hehehe

Lomba balapan karung sangat berpusat pada kecepatan dan jauhnya lompatan. Siap yang paling cepat dan jauh melompat akan sangat berpeluang besar untuk memenangkan lomba ini. Akan tetapi harus berhati - hati juga, karena tidak gampang balapan dengan menggunakan karung. Peserta yang tidak dapat melakukan lompatan yang baik akan beresiko terjatuh dan tertinggal oleh peserta lain. Keseruan lomba ini dapat memicu teriak penonton karena menyemangati peserta lomba.

3. Lomba tarik tambang

Lomba tarik tambang

Apakah anda pernah mengikuti lomba ini.? jika iya tentu anda pasti tau capeknya ketika mengikuti lomba tarik tambang. Lomba tarik tambang,termasuk dalam lomba yang sering di adakan ketika perayaan 17 agustus. Sepintas dari mata penonton lomba ini terlihat mudah, akan tetapi jika anda menjadi peserta maka pasti pandangan itu berubah drastis.

Lomba tarik tambang sangat berpusat pada tenaga dan  dapat menguras tenaga lebih banyak dan lebih cepat di bandingkan lomba lain. Ada baiknya dalam mengadakan lomba ini di buat jadwal dalam beberapa hari, agar peserta dapat memulihkan tenaga mereka. Jangan hanya karena waktu maka lomba ini di selesaikan dalam 1 hari, itu menurut saya tidak efektif dan dapat menimbulkan cidera di bagian pergelangan tangan peserta.

Lomba tarik tambang juga tidak kalah seru dengan lomba lainnya. Anda pun dapat mendaftarkan tim anda dan buktikan bahwa tim andalah yang paling kuat.

4. Lomba lambat sepeda

Lomba lambat sepeda

Jika dalam dunia motor kita kenal dengan balapan. Maka balapan yang satu ini sudah berevolusi menjadi berbeda dengan balapan lainnya. Yaitu lomba lambat sepeda. Lomba ini sangat menantang dan sulit di maikan. Menantangnya karena anda tidak boleh mendahului lawan dan usahakan finis paling akhir. Sedangkan sulitnya adalah ketika menahan keseimbangan pada kecepatan terendah.
Lomba lambat sepeda biasanya paling banyak di ikuti oleh kalangan anak - anak, akan tetapi bisa di ikuti oleh semua kalangan.

5. Lomba gerak jalan 

Lomba gerak jalan


Siapa yang tidak kenal lomba yang satu ini. Gerak jalan termasuk dalam lomba wajib untuk merayakan 17 agustus. Karena bukan hampir, tetapi setiap daerah pasti mengadakan lomba ini. Seperti di daerah saya Banggai Laut dan Banggai Kepulauan yang mewajibkan seluruh dinas untuk mengikuti lomba gerak jalan.

Gerak jalan memiliki daya tarik pada kekompakan bergerak sama, dan melakukan variasi unik dalam barisan. Hal wajib dalam peraturan gerak jalan adalah harus memberi hormat ketika melewati panitia yang menilai lomba ini. Asyiknya di sini panitianya tidak menunjukan diri tempat mereka berada. Jadi mereka seperti bersembunyi atau menyamar menjadi penonton dan langsung menilai peserta lomba gerak jalan.

6. Lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk

Bagi yang doyan makan pas banget sama lomba ini. Lomba makan kerupuk bisa di katakan termasuk lomba populer dalam setiap kali perayaan 17 agustus. Alasannya simpel karena lomba ini sangat mudah di adakan dan juga di mainkan. Kita hanya perlu memakan kerupuk yang telah di gantung oleh panitia dan menghabiskannya.

Biasanya lomba ini memakai waktu, Jika waktu habis akan di nilai kerupuk siapa yang tertinggal paling sedikit. Kalau ingin menambah keseruan pada lomba ini, panitia biasanya akan mengikat tangan peserta agar tidak memegang atau menarik kerupuk yang telah di sediakan dengan cara di gantung. Saya rasa anda pun wajib mengikuti lomba ini.

7. Lomba gigit koin

Lomba gigit koin

Pada poin ini agak sedikit mirip pada poin sebelumnya. Yaa apa lagi kalau bukan lomba gigit koin, bagi yang belum tau, saya mau kasih tau. hehehe...
Lomba gigit koin adalah lomba di mana anda di perintahkan untuk mengumpulkan koin sebanyak mungkin. Dan biasanya koin akan di sisipkan pada buah semangkan atau lemon berukuran besar yang kemudian di lumuri minyak atau pelumas lainnya.

Di daerah saya lomba ini sangat di gemari oleh anak - anak. Karena alasan mereka adalah mudah di maikan dan tentunya seru. Apalagi jika mainnya barengan teman - teman pasti tambah seru, belum lagi hadiah yang di berikan yang begitu menggiurkan.

8. Lomba lari sendok

Lomba lari sendok

Di daerah saya lomba ini bernama lomba lari sendok, tetapi mungkin berbeda nama di daerah anda. Lari sendok itu semacam lomba dimana kita di perintahkan menggigit sebuah sendok kemudian ujung sendok di letakkan sebuah kelereng kemudian kita berlari sampai finis tanpa menjatuhkan kelereng tersebut.

Yang saya syukuri pada lomba ini adalah objeknya menggunakan kelereng coba kalau pake bola basket bisa sobek bibir kita. hehehe....

9. Lomba joget balon

Lomba joget balon

Nah bagi anda yang suka musik wajib mengikuti lomba Joget balon. Lomba ini sangat populer dan tersebar di seluruh pelosok daerah. Hampir setiap kali ada perayaan lomba pasti di adakan. Cara bermain pada lomba ini adalah dengan dua orang dalam 1 tim. Jadi satu tim berjumlah dua orang yang menjepit balon entah menggunakan perut, dada, atau dahi sambil berjoget mengiringi musik. Siapa yang bisa mempertahankan posisi balon agar tidak terjatuh maka itulah pemenangnya.

10. Lomba Bola dangdut

Lomba Bola dangdut

Lomba terakhir yang menurut saya wajib di adakan ketika perayaan 17 agustus adalah bola dangdut. Apa itu bola dangdut.? Bola dangdut adalah lomba dimana kita bermain bola sambil di iringi musik dangdut. Siapa di sini yang tidak suka dangdut, anda tentu suka kan.!!

Lomba dangdut sangat menarik jika di mainkan, karena dapat memikat penonton lebih banyak dari lomba lain. Peraturan pada lomba ini adalah kedua tim berusaha mencetak gol dengan catatan ketika musik tiba - tiba di mainka maka proses permainan di hentikan dan di lanjutkan dengan berjoget dangdut. heheh Asyikkan..!!! Gooyang terusss sampai bobolll...
Untuk menambah ramainya perlombaan ini, panitia biasanya memberi keharusan pada peserta menggunakan dress / daster wanita ketika bermain. Coba bayangin kalau  lomba ini anda ikuti, tentu akan berkesan selama hidup anda. Dan sebaiknya ketika selesai anda ganti nama kembali. hehehe...

Nah itulah beberapa daftar lomba wajib untuk merayakan 17 agustus. Lomba di atas merupakan sebagian kecil saja dari lingkaran besar lomba - lomba lain. untuk itu tugas anda adalah menuliskan lomba apa yang paling populer di daerah anda pada kolom komentar, agar anda dapat berbagi merayakan 17 agustus dengan pembaca lainnya.

BACA JUGA ARTIKEL : 10 solusi agar cepat tertidur dimalam hari

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: