Sunday, August 14, 2016

10 Momen Istimewa Saat Mengikuti Pramuka

10 Momen Istimewa Saat Mengikuti Pramuka
Pramuka Man Mansalean
10 Momen istimewa saat mengikuti pramuka. Salam pramuka..!!! Mengumandangkan salam kepada ribuan pembaca yang mencintai pramuka adalah salah satu bentuk kecil kecintaan kita kepada pramuka. Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan yang di laksanakan di Indonesia. Kata "pramuka" merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti orang muda yang suka berkarya.

Mengikuti pramuka memberikan kita pelajaran yang begitu berharga, yang  tidak akan pernah kita lupakan. Karena dalam pramuka hal yang paling menonjol adalah kebersamaan. Kebersamaan dan pramuka adalah dua hal yang tidak dapat di pisahkan.

Pramuka selain memberikan pelajaran juga dapat membentuk karakter kita, di antaranya menjadi mandiri, lebih tegas, menjadi pemimpin yang baik, disiplin, dan lain sebagainya yang merupakan kesemuanya itu adalah hal penting dalam hidup kita.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan kepada anda sebuah artikel dengan tema pramuka. Postingan ini adalah ide dari salah satu teman wanita saya sebut saja namanya Yunda (nama samaran) yang mengatakan kepada saya untuk membuat artikel tentang pramuka. Dan lewat kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada Yunda yang telah membagikan ide kreatifnya kepada saya. Bagi yang ingin mengenal yunda lebih jauh lagi silahkan berteman follow facebooknya di sini.

Saat mengikuti pramuka tentunya anda akan melewati momen di bawah ini.
Berikut 10 momen istimewa saat mengikuti pramuka :

1. Pemeriksaan atribut atau perlengkapan


Pramuka sangat di kenal dengan atributnya yang sangat lengkap. Inilah yang membedakan pramuka dengan organisasi lain. Perlengkapan pramuka antara lain topi, seragam, pluit, tali penolong, sangkur, kacu, ransel, sepatu dan lain - lain.

Jika kita melihat seseorang yang memakai atribut pramuka lengap rasanya ia terlihat gagah berani. Dan maunya kita untuk mengikuti pramuka lagi. Untuk anda yang pernah mengikuti pramuka tentunya sudah tidak asing lagi dengan atribut pramuka yang super ribet.
Saya pun kurang mengetahui apa maksud dari semua perlengkapan pramuka, akan tetapi saya termasuk dalam anak pecinta pramuka.

Pengalaman, saya dulu pernah mengikuti pramuka, waktu itu jam menunjukan pukul 3 subuh, kaget suara pluit di bunyikan tanda kita semua haru berbaris di lapangan dengan memakai atribut lengkap. Saking terburu - buru dan masih ada ngantuk, ada salah seorang teman wanita saya yang memegang rantang makanan di lapangan dan berbaris bersama kami. dia mengira bahwa rantang tersebut adalah topinya. hehehe
itu merupakan pengalaman yang sampai sekarang masih tersimpan baik dalam ingatan.

2. Mendirikan tenda


Mendirikan tenda
Mendirikan tenda
Tenda merupakan tempat di mana kita berteduh dan beristrahat ketika selesai melaksanakan kegiatan. Dan termasuk dalam salah satu momen istimewa dalam pramuka. Mendirikan tenda memberikan  kesan yang berbeda, karena kerja sama dalam grup sangatlah di butuhkan.

Mendirikan tenda tidaklah sembarangan, yaa walaupun kelihatannya mudah. Haruslah di butuhkan perhitungan yang pas, misalnya tiang penyangga harus tertancap pada tanah dengan kuat. Apa bila kita mendirikan tenda menggunakan terpal maka kesejajaran antara kiri dan kanan harus sesuai . karena nanti akan di nilai kerapiannya.

Salah satu pengalaman dari kaka saya, dia menceritakan waktu mereka mendirikan tenda perkemahan, karena kurang kompak maka tenda yang di hasilkan kurang maksimal.Tibalah saatnya penilaian siapa tenda paling bagus. dan ketika menerima hasil penilaian, tenda milik merekalah yang mendapat peringkat terbaik. karena ternyata rahasianya adalah ketika panitia masuk di dalam tenda wangi parfum langsung menyengat dan memberikan sensasi wangi dalam tenda. Itulah sebabnya kenapa mereka dapat penilaian terbaik. hehehe...
Kebayang gaa berapa botol parfum yang di habiskan, mungkin 1 drom kali, hehehee....

3. Ngantuk saat menerima materi

Ngantuk saat menerima materi
Menerima materi
Mengikuti pramuka maka haruslah siap fisik dan mental. Yaa jangan sampai ketika mengikuti pramuka anda malah mengeluh kecapean, karena itulah yang di tuntut dalam pramuka.

Rasa ngantuk sering kali di rasakan ketika mengikuti pramuka, yaa tak heran jika itu sering di rasakan. Bagaimana tidak siangnya di isi dengan full kegiatan, malamnya di isi dengan penerimaan materi yang membuat ngantuk susah sekali untuk di tahan. Rasanya kalau di bandingkan mata terpejam 1 menit saja itu lebih berharga dari pada uang jutaan rupiah. Karena saking ngantuknya. Jika anda pernah mengikuti pramuka pasti sudah pernah merasakan momen yang satu ini.

4. Mandi bareng


Ketika mengikuti pramuka saya termasuk peserta yang jarang sekali mandi,  hehehe...
maklumin aja. Tapi ketika mandi rasanya itu bahagiaaaa sekali. ohw, iya waktu itu saya masih ingat tempat mandi kita itu dalam gua, namanya gua Mata Lamo, terletak di kecamatan Labobo desa Mansalean. Guanya keren dan suhunya sejuk sekali, kalau anda pernah mandi di sana tentu pasti tau sensasinya.

Dan jika anda pernah mandi bareng saat pramuka, maka pasti tau  keseruan saat mandi. Mulai dari mandi bareng, main air bareng, sampai membersihkan tubuh temen barengan. hehehe..
pokonya tidak ada yang tersembunyi saat mandi denga teman satu regu. Tapi ingat asalkan satu muhrim, kalau bukan jangan di lakukan.

5. Memasak makanan


Apakah anda pernah memasak saat mengikuti pramuka.? memasak makanan saat pramuka berbeda dengan memasak di rumah, karena saat berkema memasak memberikan sensasi tersendiri. Yaa dimana yang tidak tau memasak di situlah saatnya dia belajar memasak. Pernah waktu itu temen saya memasak makanan, tetapi masakan itu tidak matang - matang juga,  padahal sudah sangat lama berada di atas api. Katanya sih kalau orang tua dulu di daerah saya mengatakan bahwa ada makhluk halus yang memegang masakan kita, itulah sebabnya kenapa masakan kita tidak pernnah matang - matang juga. Tapi itu mungkin cuma mitos saja.

6. Pengalaman mistis


Pernah alami ini.? saya juga pernah, tapi sayang waktu itu saya tidak ikutan pramuka. Jika di daerah anda melaksanakan pramuka adalah di tengah hutan atau di samping hutan, maka pasti anda mungkin pernah mengalami hal ini, seperti yang di alami temen saya dulu.

Lokasi perkemahan waktu itu di tengah lapangan tidak jauh dari hutan dan berdekatan dengan perkuburan umum. Hari pertama berkemah, tidak ada masalah sama sekali, masuk hari kedua di malam hari ada salah seorang temen wanita yang kesurupan. Sontak kejadian itu membuat semua orang panik dan berdatangan berkumpul di depan tenda mereka. Ketika sedang kesurupan dia mengatakan bahawa " Kalian sudah mengganggu tempat saya, kalian sudah membuat keributan di sini". sehingga setelah itu dia kembali sadar dan terheran - heran karena banyak sekali orang sekelilingnya.

Pengalaman ini mengajarkan kita bahwa sebagai manusia di manapun kita berada, maka haruslah menghormati tempat kita berada. karena di sekitar kita ada makhluk halus yang berkeliaran.
Hmmm maaf itu yang di belakang anda siapa yaa ? kenapa Rambutnya panjang pake kain putih lagi. hehehe... becanda

7. Games atau permainan


Games atau permainan
Berjalan di atas bambu
Pramuka tidak hanya mengajarkan tentang kedisiplinan dan tanggung jawab saja, akan tetapi ada juga games atau permainannya ketika mengikuti kegiatan pramuka. Beberapa permainan pramuka yang pernah saya ikuti adalah, membuat tandu dari tongkat dan tali penolong, berjalan di atas bambu bergoyang, merangkak di bawah anyaman tali, memanjat tembok, membaca sandi kotak dan sandi rumput. Itulah yang membuat pramuka semakin seru dan mengasyikan. Selain dari belajar kita juga di ajak bermain bersama.

8. Lintas alam atau napak tilas


Lintas alam atau napak tilas
Napak tilas
Yang tidak kala serunya dalam pramuka adalah ketika  lintas alam atau napak tilas. Momen ini juga merupakan momen yang di tunggu - tunggu dalam perkemahan, karena kita di wajibkan untuk melintas hutan dengan di berikan tanda - tanda atau arah penunjuk jalan yang harus kita ikuti agar tidak tersesat. Tandanya bisa berupa garis anak panah, garis silang, tulisan sandi kotak, dan sandi rumput.

Waktu itu sekolah kami mengadakan napak tilas yang mengharuskan semua anggota pramuka wajib mengikuti kegiatan itu. sebagian orang merasa terbebani karena jarak yang di tempuh sangatlah jauh, dari desa Mansalean, sampai desa alasan kurang lebih sekitar 100 km. Tapi ada juga yang merasa senang karena pasti dalam perjalanan selain menambah pengalaman, pengetahuan, dan juga pastinya mengasyikan.

9. Kisah Romantis

Kisah Romantis
Saat memberikan bunga
Siapa yang setuju dengan pion ini.? hehehe... Saat pramuka tidak jarang kita menemukan sesosok wanita atau pria idaman kita. Yaa masa pramuka juga sering mempertemukan pasangan yang saling menyukai. kayak film drama korea saja. hehehe

Akan tetapi bedanya kisah cinta di saat pramuka adalah hanya sebatas tenda, seperti yang ada dalam lirik lagu "tenda terbongkar sayonara cinta".
Jadi percintaan di saat pramuka hanya sebatas tenda dan ketika kegiatan pramuka selesai, maka selesai pula sebuah kisah cinta. Tapi tak jarang ada pasangan yang saling cinta dan melanjutkan kisah mereka pada perkemahan selanjutnya. kisa cintanya pake episode, hehehe...

10. Api unggun


Momen istimewa terakhir yang paling sakral di antara momen yang lain adalah ketika pembakaran api unggun. Inilah ciri khas dari pramuka, tanpa adanya api unggun di akhir perkemahan rasanya perkemahan itu tidaklah sempurna.

Api unggun juga memberikan kita energi yang luar biasa, di mana semua rasa lelah kita selama berkemah terbayar lunas ketika api unggun berkobar. Tak terasa air mata pun mengalir di pipi kita mengingat kisah kita selama berkemah bersama teman _ teman tercinta akan berakhir.

Tak jarang pada momen ini suasana tiba - tiba menjadi hening dan di penuhi dengan kesedihan. lagu perpisahan mulai di nyanyikan bersama - sama. sampai jumpa pada perkemahan selanjutnya.

kalau anda seorang pecinta pramuka pasti sekarang mata anda akan berkaca - kaca, mengingat kenangan yang sudah anda lewatkan waktu pramuka dulu.

Nah itulah 10 momen istimewa saat mengikuti pramuka. Momen di atas hanyalah beberapa saja dari ribuan momen istimewa yang ada pada kegiatan pramuka. Jika anda merasa cinta akan pramuka, silahkan bagikan pengalaman anda ketika mengikuti pramuka pada kolom komentar. Agar anda dapat berbagi dengan pembaca lainnya.

BACA JUGA ARTIKEL : rahasia menjadi populer disekolah

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: