Monday, September 5, 2016

5 Cara Agar Berani Bertanggung Jawab

5 Cara Agar Berani Bertanggung Jawab
5 cara agar berani bertanggung jawab. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab adalah impian setiap orang, dan mungkin anda salah satunya. Yaa bertanggung jawab dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih dewasa.

Namun tak jarang kita menemukan diluar sana banyak sekali orang yang tidak berani bertanggung jawab, akibatnya dapat berdampak pada negara, keluarga, dan orang itu sendiri.
Rasa bertanggung jawab seharusya dapat di tumbuhkan pada setiap pribadi masing - masing, agar setiap dari kita tidak sembarangan mengambil tindakan.

Menumbuhkan rasa bertanggung jawab dalam diri tidaklah mudah, namun tidak sesulit yang anda fikirkan. Anda hanya perlu mempraktekan 5 cara di bawah yang akan saya paparkan.
Rasa tanggung jawab sangatlah berharga sehingga banyak sekali orang yang ingin menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Dampak yang di timbulkan dari tanggung jawab begitu besar dalam kehidupan. Misalkan bos anda tidak akan menaikan gaji anda jika anda tidak bertanggung jawab, pasangan anda tidak akan mencintai anda jika anda tidak bertangung jawab, dan anak anda tidak akan memanggil anda ayah dan ibu jika anda tidak bertanggng jawab, so betapa berharganya tanggung jawab sehingga haruslah kita tubuhkan dan jaga agar rasa tanggung jawab selalu ada dalam diri kita.

Nah  sekarang bagaimana cara agar kita dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab.?
berikut 5 cara agar berani bertanggung jawab :


1. Berani minta maaf

Meminta maaf adalah hal yang wajib di lakukan ketika kita membuat kesalahan. Meminta maaf juga merupakan salah satu bukti bahwa kita bertanggung jawab atas kesalahan yang telah kita lakukan. Jika anda ingin menjadi pribadi yang berani bertanggung jawab maka haruslah berani meminta maaf.

Kadang ada sebagian orang yang enggan meminta maaf mungkin karena menurut mereka bahwa meminta maaf akan menurunkan derajat mereka. Jika Anda juga berfikiran seperti itu maka mulai dari sekarang buanglah jauh - jauh pemikiran seperti itu, karena hal itulah yang akan nantinya menambah besarnya masalah.

Masalah yang terjadi bukan untuk disesali namun untuk di selesaikan. Cara pertama untuk menyelesaikan masalah adalah dengan meminta maaf. Tanpa anda sadari sebesar apapun masalah ketika anda sudah meminta maaf di awal maka yakin masalah itu akan menjadi sedikit ringan dari sebelumnya. dan dengan meminta maaf maka secara otomatis rasa berani bertanggng jawab akan tumbuh dalam diri anda.

2. Berani mengakui kesalahan

Sama halnya dengan meminta maaf. Mengakui kesalahan yang telah terjadi adalah bentuk dari pertanggung jawaban seseorang. Nah jika sekarang ada orang yang meminta maaf dan mengakui kesalahannya pada anda maka orang seperti itu wajib di beri maaf, Karena dengan alasan bahwa pasti orang tersebut berani bertanggung jawab atas kesalahan yang telah ia lakukan.

Sebagai orang yang ingin berani bertanggung jawab, maka anda harus berani mengakui kesalahan anda. Jangan takut pada atasan yang sedang memarahi anda, katakan bahwa anda memang sudah salah dan ingin bertaggung jawab. Mungkin sekarang atasan anda sedang marah - marahan dengan anda, tapi ketika emosinya mulai meredah disitulah dia mulai menyadari betapa pentingnya orang seperti anda.

3. Jangan menyalahkan orang lain

Jika ingin menjadi pribadi yang berani bertanggung jawab maka mulai dari sekarang berhentilah untuk menyalahkan orang lain. Tanpa anda sadari kebiasaan menyalahkan orang lain akan membuat anda semakin penakut untuk bertanggung jawab. Dan bukan hanya itu saja orang - orang di sekitar anda pun dapat melihat itu semua, mereka akan melihat dan menilai anda sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dan hanya akan menyalahkan orang lain.

Kebiasaan ini haruslah anda hilangkan sekarang juga, Karena akan berdampak pada kehidupan anda, entah itu tentang keluarga, percintaan, ekonomi maupun bisnis anda. Seringkali yang terjadi diluar sana adalah orang saling menyalahkan satu sama lain, dan lihat apa yang terjadi, bukan masalah menjadi kelar malah sebaliknya. Masalah akan semakin besar dan susah untuk diselesaikan.

4. Berani menerima resiko

Tidak hanya cukup sampai  pada tahap minta maaf, mengakui kesalahan dan tidak menyalahkan orang lain saja, Tetapi ada tahap selanjutnya dimana anda harus berani menerima resiko.  Yaa ketika anda sudah melakukan 3 poin di atas maka haruslah anda lakukan poin yang ke 4 ini jika tidak maka anda hanya akan terlihat seperti orang yang penakut.

Ke 3 poin diatas bertujuan agar anda berani menerima resiko yang akan di berikan atas kesalahan yang anda lakukan. Siap menerima apapun itu, entah di pecat, di putusin, di potong gaji, dan lain sebagainya yang kesemuanya itu harus siap anda terima.

5. Berani laksanakan resiko

Poin terakhir dan yang paling penting adalah berani melaksanakan resiko. Yaa anda pun harus siap melaksanakan resiko yang diberikan. Coba banyangkan jika di awal anda sudah meminta maaf, mengakui kesalahan, tidak menyalahkan orang lain, dan berani menerima resiko kemudian anda tidak berani untuk melaksanakannya maka pasti anda pun hanya akan di cap sebagai orang yang penakut.

Berani melaksanakan resiko adalah bentuk penyelesaian akhir dari sebuah masalah, ketika maslah sudah selesai teratasi maka pasti andapun akan terlihat sebagai orang yang berani menghadapi masalah, berani bertanggung jawab, dan tidak takut pada kehidupan.

Nah itulah ke 5 cara agar berani bertanggung jawab, semoga dengan mengetahui cara di atas bisa merubah anda yang tadinya penakut menjadi berani untuk bertanggung jawab. Jangan lupa jika ada yang ingin di tanyakan silahkan masukan pada kolom komentar, dan jika anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat silahkan anda bagikan kepada teman - teman lainya.
Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: