Sunday, August 7, 2016

Kesalahan Yang Sering Di Lakukan Siswa

Kesalahan Yang Sering Di Lakukan Siswa
Kesalahan yang sering di lakukan siswa. Setiap manusia tentu tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Begitu juga dengan siswa. Hampir setiap hari siswa melakukan kesalahan, entah itu kesalahan besar atau kesalahan kecil.

Kesalahan yang di lakukan siswa memang kadang membuat pihak guru merasa marah dan kasian. Marah karena siswa sering melakukan kesalahan. Dan kasihan karena siswa tidak dapat menghilangkan kebiasaan melakukan kesalahan yang sama.

Sebagai siswa memang terlihat wajar jika melakukam kesalahan satu atau dua kali. Akan tetapi jika kesalahan itu sering di lakukan setap hari dan berulang - ulang kali. Maka sebagai siswa ang baik harus bertanggung jawab dan menerima hukuman dari guru untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa tersebut.

Berikut beberapa rangkuman saya dalam kesalahan yang sering di lakukan siswa :

1. Bolos sekolah

Bolos sekolah adalah salah satu kesalahan yang sering di lakukan siswa. Banyak terjadi di sekolah yang ada di desa kota maupun di desa. Terhitung dalam satu hari pasti ada salah satu siswa yang bolos sekolah.

Entah mengapa kesalahan ini sulit di hilangkan pada siswa yang sudah berkebiasaan melakukan kesalahan ini. Sebagai guru pasti sudah mengetahui alasan - alasan kenapa siswa sering bolos. Dan hampir kebanyakan dari siswa tidak memiliki alasan ketika melakukan kesalahan ini.

Mungkin karena terbiasa melihat temannya yang sering  bolos. Jadinya malah dia ikut - ikutan bolos juga. Salah satu alasannya cuma ingin coba - coba dan mencari kesenangan di luar sekolah.


2. Datang terlambat

Kesalahan kedua yang sering dilakukan siswa yang tidak kalah serunya adalah datang terlambat. Datang terlambat atau telat juga merupakan keslahan yang sering di lakukan oleh siswa. Dan kesalahan ini sudah membudaya di seluruh sekolah manapun. Berbagai alasan sering di kemukakan oleh para siswa dan hampi semua alasannya sama setiap hari.

Untuk mengatasi atau mengurangi kesalahan ini sebaiknya di mulai dari kesadaran siswa itu sendiri kemudian di ikuti dengan dukungan orang tua, dan di kuatkan oleh peaturan guru. Dengan begitu semoga kesalahan yang telah membudaya ini bisa di kurangi atau di hilangkan.


3. Kurang rapi

Kurang rapi juga termasuk dalam kesalahan yang seringluput dari perhatian siswa. Padahal setiap guru tentu sudah memberitahukan agar kerapian di jaga. Baik itu kerapian dalam berpakaian, gaya rambut, sampai kuku di perhatikan.

Mungkin ada sebagian sekolah yang kurang menekankan kerapian. Akan tetapi jika memang  kita sadar menjadi seorang siswa kerapian harus di jaga dan di utamakan.

4. Berkelahin atau berantem

Berantem juga termasuk dalam kesalahan yang sering di lakukan oleh siswa. Jangankan anak SD anak SMA saja masih doyan berantem. Tapi kali ini di barengi dengan inovasi yang di sebut tawuran hehehe

Kesalahan ini juga kadang tidak di perhatikan siswa baik itu perempuan maupun laki - laki. Hanya karena polpen bisa berantem. Hanya karena buku bisa tari tarikan rambut.

Tanamkan sifat kesabaran dalam diri agar kesalahan ini bisa di bendung. Atau jika sekarang kamu siswa yang sering berantem dan pengen berubah maka sifat kesabaran di atas perlu sekali kamu utamakan.

5. Menyontek saat ujian

Ayooo siapa yang sering kaya gini..!! hehehee.... Yaa hampir semua siswa pernah melakukan kesalahan ini. Entah itu di sengaja ataupun tidak. Kalau undah nyontek pasti alasannya tidak jauh dari kata "semalam saya tidak belajar". Iya kan, ngaku ajaa.. hehehe

Dulu saya juga sering melakukan kesalahan ini. Dan anehnya saya melakukannya itu tidak sendiri melainkan dengan teman - teman lainnya. Jika kesalahan ini masih kamu lakukan sampai sekarang maka saran saya segeralah berubah. Karena tidak selamanya kamu di izinkan untuk menyontek.
Tanpa di sadari sewaktu siswa menyontek gurunya pasti tau. Gaa percaya,? tanya aja sama gurunya sendiri.. hehehe

6. Bermain saat guru sedang menerangkan

Kesalahan ini juga sering sekali di lakukan oleh para siswa. Terutama siswa yang bandel di dalam kelas. Setiap guru yang masuk untuk mengajar pasti dia tidak memperhatikan si guru, dia malah asyik menggangu temannya yang lagi serius belajar.

Menurut saya kesalahan ini sangatlah tidak beretika. Saya pernah melakukan kesalahan ini juga tapi seiring berjalannya waktu saya di sadarkan bahwa kesalahan ini jangan sampai saya lakukan lagi. Coba bayangkan jika itu terjadi pada diri kita tentu akan sangat menyakitkan. perbandingannya jika kesalahan lain nilainya satu maka kesalahan ini nilainya 100. sangat jauh dan sangat tdak beretika.

7. Lupa atau tidak mengerjakan pr

Lupa atau tidak mengerjakan pr juga termasuk dalam kesalahan yang sering di lakukan siswa. Bagaimana tidak kesalahan ini hampir tiap hari terjadi. Tentunya dengan alasan yang beragam. Kesalahan ini sangatlah tidak baik jika di biarkan berkembang dalam diri siswa, karena mengingat kelak siswa akan sulit menumbuhkan rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang di berikan. Akibatnya dalam bekerja timbulah istilah nanti, tunggu dulu, besok saja, dan alasa - alasan lainnya untuk menunda pekerjaan.

Baca Juga : cara agar tidak melupakan pr sekolah

Nah itulah beberapa kesalahan yang sering di lakukan siswa. Sekilas memang kesalahan ini tampak mengasyikan tapi tidak baik jika di biarkan terus untuk di lakukan. Kasian gurunya ingat ada hukum karma. Semoga dengan mengetahui kesalahan di atas, sebagai siswa kamu bisa berubah. Dan jika sebagai guru maka bijaklah dalam menghukum.

BACA JUGA ARTIKEL : momen tak terlupakan saat sekolah

 Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: