Friday, August 12, 2016

Cara Menyenangkan Hati Orang Tua

Cara Menyenangkan Hati Orang Tua
Cara menyenangkan hati orang tua. Membuat orang tua bahagia adalah salah satu bukti berbaktinya seorang anak,  dan termasuk dalam perbuatan yang terpuji. Menyenangkan hati mereka akan menambah kasih sayang mereka kepada kita. Kasih sayang itulah yang nantinya menjadi senjata pamungkas kita untuk menaklukan dunia.

Menyenangkan hati orang tua tidak dapat di lakukan oleh semua orang. Maka bersyukurlah bila anda masih memiliki kesempatan untuk membahagiakan orang tua. Jangan sekali - kali menyakiti hati orang tua anda, walaupun itu hanya sekecil tetesan air hujan. Hati orang tua sangatlah rapuh apa lagi jika yang menyakit itu adalah anak mereka sendiri, rasanya hati merek seperti hancur bagaikan debuh.

Sehingganya kita sebagai anak haruslah selalu memohon maaf kepeda kedua orang tua. Karena kita tidak tau apakah selama ini perbuatan kita membuat hati mereka senang atau malah sebaliknya. Berbicara tentang orang tua sangatlah luas pembahasannya, hampir tidak ada habisnya karena mengingat jasa  orang tua yang begitu besar dan tiada duanya di muka bumi ini. Sehingga saya terdorong untuk berbagi cara menyenangan hati orang tua agar kita bisa sama - sama berbakti kepada orang tua kita.

Berikut beberapa cara menyenangkan hati orang tua :

1. Berbicara sopan 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan  untuk menyenangkan hati orang tua adalah dengan berbicara sopan pada mereka. Ketika berbicara usahakan kata yang anda keluarkan tidak mengandung kata yang kasar. Kadang sebagai anak,  kita lupa dengan siapa kita berbicara. Kita tidak bisa membedakan ketika berbicara dengan teman dan berbicara dengan orang tua.

Berbicara soopan dengan orang tua mampu mempererat dan menumbuhkan kasih sayang mereka pada kita. Sehingganya jagalah bahasa anda ketika berbicara dengan mereka, agar setiap perkataan anda bisa di ridhoi oleh sang pencipta.

2. Mematuhi perintah

siapa yang tidak senang ketika apa yang kita perintahkan di kerjkan oleh orang lain.? Hal itu juga berlaku pada orang tua kita. Mereka sangat senang ketika apa yang mereka perintahkan bisa kita lakukan. Itulah sebabnya mereka sering memerintah kita. Tapi kadang kita tidak menyedari hal itu.


Perhatikan orang tua anda jika sekarang mereka masih sering memerintah anda maka bersyukurlah. Karena banyak orang di luar sana yang meridukan perintah orang tua mereka. Tapi tidaklah pernah mereka dapatkan lagi. Jika perintah itu berat untuk anda kerjakan, maka cobalah katakan dengan baik bahwa anda tidak dapat melakukannya. Orang tua yang baik akan mengerti dengan perkataan seperti itu.

3. Menjaga nama baik

Nama baik orang tua tidak dapat di tukarkan dengan apapun di dunia ini. Sehingga anda harus berhati -  hati agar nama baik mereka tidak tergores. Nama baik mereka berhubungan langsung dengan hati mereka. Coba anda bayangkan jika anda di luar sana kedapatan mencuri.? Yang pertama merasakan sakit adalah hati orang tua anda, sehingga jangan sampai hal itu terjadi.

Jika perlu tambahkan nama baik orang tua anda, dengan prestasi yang anda miliki. Kembangkan potensi diri anda, dan coba perlihatkan pada dunia. Sehingga nama baik orang tua anda akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Jika di panggil datanglah dengan wajah ceria

Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal ini. Orang tua memanggil anda karena mereka sangat membutuhkan anda, jadi di situlah saat yang tepat untuk menyenangkan hati mereka. Sebisa mungkin ceriakan wajah anda ketika berhadapan dengan mereka, karena akan membuat suasana hati mereka menjadi damai.

Anda tidak tau ketika mereka memanggil anda kemudian anda datang dengan wajah yang sedikit kesal, mereka tentu merasa bahwa anda tidak ikhlas membantu mereka. Dan itu sangat tidak baik jika anda lakukan. Mulai sekarang cobalah lakukan cara ini dengan ikhlas, insya Allah dapat membuat hati orang tua anda menjadi lebih bahagia.

5. Jika orang tua salah jangan langsung menyalahkan

apapun yang orang tua katakan atau lakukan sebagian besar adalah benar. Jarang sekali kita menemukan kesalahan pada mereka, karena tentu mereka lebih tau dari pada kita. Jadi jangan pernah langsung menyalahkan mereka, walaupun mereka memang salah. Cobalah mengikuti alur kemudian katakan dengan baik bahwa mereka sedang keliru. Jadinya mereka bisa menerima kesalahan mereka.

Karena banyak orang tua yang pendirian mereka tinggi dan keras. Jadi mereka merasa selalu benar. Nah cara ini bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang tua seperti ini. Cobalah ikuti apa yang mereka katakan kemudia pelan - pelan katakan kekeliruan mereka. Sehingga pasti mereka akan menerima dengan lapang dada.


6. Menelpon mereka

Jika kamu sedang berjauhan dengan orang tua, cobalah untuk selalu menelpon mereka. Yaa, menelpon mereka walau hanya 5 menit sehari, karena itu dapat menghapus kerinduan mereka. Saat ini mungkin anda belum merasakan sakitnya di tinggalkan oleh anak keayangan anda, Tapi kelak jika anda telah menjadi bapak atau ibu pasti akan mersakan,
betapa berharganya sebuah telepon dari anak tercinta.

7. Meminta maaf setiap waktu

Memohon maaf menurut saya wajib kita lakukan setiap ada kesempatan. Karena bisa saja kesalahan kecil yang kita lakukan membuat mereka bersedih. Memohon maaflah setiap anda bertemu, menelpon, atau sehabis datang dari jauh. Karena akan sangat besar manfaatnya untuk orang tua dan untuk anda. Kita tidak akan pernah tau kapan terakhir kita bisa memohon maaf kepada mereka.
Memohon maaf kepada orang tua akan membuka pintu ridho dari Allah SWT. Dan akan membawa kita menjadi deretan anak yang berbakti kepada orang tua.

Nah itulah beberapa cara menyenangkan hati orang tua yang dapat anda lakukan. Agar dapat membuat orang tua tersenyum bahagia. Sudah saatnya kita membalas budi mereka walaupun tidak sebanding dengan pengorbanan mereka kepada kita. Jangan berfikir untuk menunda menyenangkan hati orang tua karena akan sangat menyakitkan jika anda tidak dapat melakukannya lagi kelak.

Sayangi orang tua anda. Tidak ada orang tua yang jahat di dunia ini, jika menurut anda ada maka cobalah rubah pola pikir anda. Dan yang penting intropeksi diri mungkin mereka seperti itu karena anda tidak pernah membuat mereka bahagia. Jadi inilah saatnya anda membuat mereka kembali tersenyum lagi.

BACA JUGA  ARTIKEL : membuat kreativitas dari barang bekas

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: