Friday, August 12, 2016

Cara Memotivasi Diri sendiri

Cara Memotivasi Diri sendiri
Cara memotivasi diri sendiri. Banyak orang yang bertanya bagaimana sih cara memotivasi diri sendiri.? Sehingga membuat saya ingin berbagi cara untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Perlu di ketahui bahwa motivasi sangatlah penting. Motivasi sangatlah di butuhkan oleh setiap manusia, agar mampu menjalani hidup dengan baik. Tanpa adanya motivasi maka anda tidak dapat menyelesaikan masalah, tidak dapat menjadi orang sukses, dan tidak dapat membahagiakan orang yang kamu kasihi.

Motivasi diri adalah salah satu cara pribadi untuk menyemangati diri yang lagi di rundung kebimbangan. Sehingga anda perlu mengetahui cara memotivasi diri sendiri. Karena faktanya motivasi terkuat berasal pada diri sendiri.

Memotivasi diri sendiri tidaklah mudah seperti kita memotivasi orang lain. sehingga banyak orang yang bertanya tentang hal ini. Sadar atau tidak jika anda mengetahui caranya mungkin akan mudah anda memotivasi diri. anda hanya perlu mempraktekan beberapa cara di bawah.

Berikut beberapa cara memotivasi diri sendiri :


1. Tanamkan keinginan yang kuat

 Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa memotivasi diri sendiri tidaklah mudah seperti memotivasi orang lain. Karena anda akan bertarung melawan diri anda sendiri. Nah cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memotivasi diri adalah dengan menanamkan keinginan yang kuat.

Tanamkan keinginan sekuat mungkin agar nanti anda tidak gampang menyerah. Ibarat bangunan maka keinginan yang kuat adalah pondasinya. Ibarat pohon maka keinginan yang kuat adalah akarnya. Penting sekali menanamkan keinginan kuat pada diri anda, karena tidak semua orang bisa menanamkan keinginan mereka sekuat yang mereka inginkan.

Fungsi dari menanamkan keinginan dengan kuat adalah agar anda tidak muda putus asa terhadap impian atau bisnis anda. Anda akan tetap mendapat halangan yang dapat membuat anda berfikir untuk menyerah. Tetapi jika keinginan anda sudah di tanam sekuat - kuatnya maka jangan kuatirkan tentang itu. Anda pasti akan dapat meneruskan perjuangan walaupun berjalan pelan.


2. Membaca kisah / cerita sukses seseorang

Cara kedua yang saya rekomendasikan adalah membaca kisah sukses seseorang. Cara ini sangatlah ampuh untuk mengembalikan semangat pada diri anda untuk kembali lagi meneruskan perjuangan.
Coba bayangkan jika kelak kisah adalah yang akan di baca oleh orang lain. Tentu itu merupakan salah satu kebanggaan tersendiri untuk anda.

Andapun dapat belajar dari kisah tersebut. Akan banyak sekali pelajaran yang anda dapatkan ketika membaca kisah sukses seseorang. Maka sering - seringlah membaca buku atau apa saja yang di dalamnya memuat kisah sukses seseorang, agar mitivasi diri anda semakin kuat. Dan akan memudahkan anda dalam merauh sukses.


3. Menonton kisah sukses seseorang

Cara ketiga ini mirip dengan cara kedua, akan tetapi ini lebih cepat reaksinya dalam memotivasi diri.  Apa lagi jika yang di tonton adalah jenis kisah yang sama dengan yang kita impikan. Menonton kisah sukses dapat anda cari melalui youtube, sosial media, dan siaran tv. Tentu akan berbeda dengan cara kedua karena adakalanya ketika memmbaca kita kurang memahami apa yang di sampaikan penulis, beda halnya dengan apa yang kita lihat langsung.


4. Rayakan setiap pencapaian

Kadang dalam menjalankan sesuatu atau mengejar impian, kita merasa garing atau bosan, malas sampai timbul fikiran untuk berhenti. Nah cara untul mengantisipasi itu semua dengan cara merayakan setiap pencapaian anda.

Cobalah rayakan pencapaian anda walaupun itu sekecil apapun. Ini akan memotivasi diri anda unutk terus berusaha mencapai apa yang anda inmpikan. Cara merayakannya jangan terlalu berlenihan cukup dengann mentraktir diri anda untuk makan enak. atau nonton film kesukaan anda, atau yang paling ekstrim rayakan pencapaian anda dengan menelpon si dia... hehehe
Ini akan sangat power full jika anda lakukan untuk memotivasi diri anda. ingat sekali lagi rayakan p yang anda capaian walau itu hanyalah bagian kecil

5. Nikmati perjalanan

Menginginkan sesuatu dengan cepat adalah hal yng sering kali kita fikirkan. Padahal kenyataannya sesuatu yang tidak anda inginkan lebih cepat anda miliki di bandingkan dengan apa yang lebih anda inginkan. Kita kadang lupa menikmati perjalanan karena saking ingin cepat sampai di tujuan. Padahal jika di perhatikan dalam perjalanan itu banyak sekali hal - hal yang bisa kita nikmati.

Contoh kecil. Anda ingin bertemu dengan pasangan anda di seberang lautan. Dalam perjalanan keseberang di butuhkan waktu 1 jam. Karena anda tidak sabar maka anda memilih untuk tidur agar perjalanan tida terasa jauh. Nah tanpa anda sadari selama perjalanan 1 jam anda melewatkan sejuta keindahan yang terdapat selama perjalanan anda.

Menikmati perjalanan dapat memotivasi diri anda sendiri. Cobalah untuk menikmati kesalahan, menikati kebahagiaan, karena itu semua adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menikmati perjalanan sukses. Ketika sudah sampai anda pasti akan dengan bangga menceritakan perjalanan anda. Ingat itu

6. Yakin selalu ada jalan

Meyakinkan diri bahwa apa yang anda impikan bisa terwujud. Caranya dengan selalu percaya pasti ada jalan untuk sampai kesana walaupunn yang sekarang ini anda temkukan adalah jalan buntuh. Keyakinan akan ada jalan perlu anda tanamkan sama seperti keinginan d atas. Agar motivas diri anda bisa semakin kuat.

Meyakinkan diri memang tidak semudah membalik telapak tangan. tetapi jika anda berhsil meyakinkan diri anda, maka apapun jalan yang anda llui pasti bisa mengantarkan anda untuk sampai pada impian yang anda inginkan selama ini.

7. Bangun rasa percaya diri

Membangun rasa percaya diri sangat epenting untuk memotivasi diri sendiri. Percaya  pada diri anda bahwa anda dapat melakukannya, dapat mewujudkannya, dan dapat meraihnya. Percaya pada diri anda ketika melakukan sesuatu, jangan percaya pada orang lain yang ketika anda salah belum tentu mereka bertanggung jawab.

Apapun yang diri anda lakukan, inginkan, haruslah anda dukung sepenuhnya agar apa yang anda lakukan atau kerjakan bisa mendapat hasil yang maksimal. Saya rasa tidak perlu lagi panjang lebar untuk menjelaskan pentingnya rasa percaya diri ini, karena pasti anda lebih mengetahui dari pada saya.

Nah untuk memotivasi diri sendiri dapat anda mengikuti 7 cara di atas. Karena dapat membantu anda tetap semangat dalam merah impian. Tentunya cara di atas masih jauh dari kata sempurna, saya harap anda dapat membantu saya sekiranya anda memiliki cara sendiri dalam memotivasi diri. Silahkan bagikan di kolom komentar.

BACA JUGA ARTIKEL : cara menghadapi masalah

Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments: